Wabup Sleman Sebar Udhik-Udhik di Upacara Hari Jadi Desa Condongcatur

Upacara peringatan hari jadi ke-72 Desa Condongcatur sukses digelar panitia. Sebelumnya, 4 Bregada yang merupakan simbol 4 kelurahan lama dikirab dari 4 penjuru, Rabu, (26/12) sejak pukul 13.30. Keempat bregada tersebut adalah Bregada Hadi Manggala dari Kring Gorongan, Bregada Paksi Jayeng Katon dari Kring Manukan, Bregada Sastra Diharjan dari Kring Gejayan, dan Bregada Krama Yudha dari Kring Kentungan.

Titik akhir kirab dipusatkan di Balai Desa Condongcatur dan selanjutnya dilaksanakan upacara sebagai puncak acara rangkaian peringatan hari jadi. Wakil Bupati Sleman bertindak sebagai Pengageng/Inspektur Upacara. Sedangkan Kuwat Komari bertindak sebagai Pandega Upacara. Sebagian besar peserta upacara mengenakan pakaian Jawa Jangkep Gagrak Mataram. Jajaran Perangkat Desa Condongcatur, Lembaga Desa, Pendamping Desa, Camat Depok dan jajarannya, Kepala Desa, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan, Inspektur Inspektorat Kabupaten Sleman, mitra kerja Desa dan BNN Provinsi DIY hadir dalam upacara tersebut.

Sri Muslimatun menyampaikan sesorah Bupati Sleman,  mengajak untuk membangun Desa Condongcatur menjadi desa yang lebih sejahtera.

“Sumangga rerangkening Pengetan Ridumadosipun Desa Condongcatur ingkang sampung jangkep 72 menika dipun dadosaken tekad ingkang makantar-kantar, gumregut, tansah ambangun Desa Condongcatur ingkang langkung sejahtera, mandiri, lan mbudaya”, papar Sri Muslimatun.

Reno Candra Sangaji, Kepala Desa Condongcatur menyampaikan dalam laporannya kepada masyarakat di hadapan Wabup Sleman bahwa rangkaian peringatan hari jadi tahun ini antara lain berupa kegiatan yang mengangkat kesenian, kebudayaan, religi, dan nguri-uri kebudayaan Jawa.

“Tujuan kami menyelenggarakan kirab budaya ini dalam rangka melestarikan budaya Jawa, dan kita tidak lupa akan budaya sendiri”, tutur Reno.

Dalam kesempatan itu pula, Wabup menanam pohon sawo keck. Diikuti Camat Depok Abu Bakar yang menanam pohon kepel dan Kepala Desa Condongcatur Reno Candra Sangaji menanam pohon kanthil di selatan Pendopo Desa Condongcatur.

Upacara diakhiri dengan menyebar udhik-udik oleh Wabup Sleman dan rebutan gunungan. Dalam hitungan beberapa menit, 4 gunungan yang dibawa dari 4 bregada ludes diperebutkan massa yang sejak pukul 13.00 memadati halaman Desa Condongcatur.

 

 

Please follow and like us:
About admin 939 Articles
Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


*