Wabup Sleman Hadiri Gladi Lapang DESTANA Desa Condongcatur

Setelah melaksanakan pelatihan Destana selama tujuh kali pertemuan  di Balai Desa Condongcatur, pada hari Kamis  Pahing 12 Maret 2020 dilaksanakan Gladi Lapang Pengukuhan Pengurus Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Desa Tangguh Bencana (Destana) Desa Condongcatur oleh Ibu. Wakil Bupati Sleman di Lapangan Ganjuran, Padukuhan Manukan.

Yang terlibat dalam Gladi Lapang Penanggulangan Bencana (Simulasi Desatana) ini diantaranya adalah :
BPBD Kab Sleman, BMKG Sleman, Kecamatan Depok, Koramil 11 Depok, Polsek Depok Timur, Puskesmas Depok II, RAPI Depok, Desa Condongcatur beserta perangkat Desa, Linmas, Karangtaruna, RCC, Kosapa, PKK, Gapoktan, KWT, Tokoh Masyarakat dan Warga masyarakat dan didukung D-Pro Sound System.

Tujuan dari Pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana) ini adalah untuk mendorong terwujudnya Ketangguhan dan Kemandirian Masyarakat dalam menghadapi bencana. Dalam kesempatan tersebut, Sri Muslimatun berkesempatan mengukuhkan FPRB dan Destana Condongcatur. Desa ini menjadi yang ke-58 di Kabupaten Sleman yang menjadi Desa Tangguh Bencana.

Desa Condongcatur merupakan salah satu dari 3 Desa di wilayah Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman dengan luas wilayah ± 950.000 Ha. 3 Desa tersebut adalah Caturtunggal, Maguwoharjo dan Condongcatur. Secara Administratif Desa Condongcatur terbagi menjadi 18 Padukuhan, 64 RW dan 211 RT, Topografi Desa Condongcatur yaitu dataran rendah dengan ketinggian rata-rata ± 250 mdpl bersuhu udara rata-rata 26℃ s/d 32℃.

Wilayah Desa Condongcatur secara geografis sangat strategis, dilalui jalan arteri (Ring Road Utara) yang sekaligus merupakan prasarana transportasi dan perhubungan untuk mendukung peningkatan perekonomian di Desa Condongcatur pada khususnya dan Kabupaten Sleman pada umumnya.

Desa Condongcatur terletak pada Kawasan Rawan Bencana (KRB) yang disebabkan oleh aktivitas cuaca ekstrim, diantaranya hujan deras yang disertai petir/kilat, pohon tumbang, angin kencang, dan lain-lain.

Forum ini diharapkan menjadi wadah yang menyatukan elemen – elemen organisasi di masyarakat Desa Condongcatur yang bersifat fleksibel untuk mencapai tujuan bersama yaitu pengurangan resiko bencana dalam menyelesaikan masalah di bidang kebencanaan dengan berpedoman pada ketentuan yang telah disepakati anggota forum.

Forum Pengurangan Risiko Bencana DESTANA CONDONGCATUR mempunyai visi  Terwujudnya masyarakat Desa Condongcatur yang tangguh dari bencana dan bersatu dalam kemanusiaan. Adapun misi FPRB Destana antara lain membangun sistem penanggulangan bencana yang handal dan tangguh di Desa Condongcatur
Menyelenggarakan penanggulangan bencana secara terencana, terpadu, terkoordinasi, menyeluruh, cepat dan tepat dalam setiap tingkatan sebelum, saat dan setelah terjadi bencana. Selain itu, forum ini juga mempunyai misi mengadakan pertemuan rutin setiap 2 bulan sekali, melakukan pelatihan kebencanaan, melakukan sosialisasi, pada masyarakat dan menyusun program kerja tahunan.

Sifat keanggotaan FPRB antara lain kerja tanpa pamrih, berjiwa sosial yang tinggi, gotong-royong, tanggap, tangkas dan tangguh.

PROGRAM
Untuk mewujudkan gerakan pengurangan risiko bencana yang baik sebelum terjadinya bencana, saat maupun sesudah untuk mengurangi risiko bencana, melalui:

a. Pelatihan tentang pengurangan risiko bencana
b. Koordinasi dengan pemerintah desa dan pemerinah daerah
c. Sosialisasi dengan masyarakat tentang PRB
d. Menjalin koordinasi dengan pihak swasta tentang pendanaan dan program
e. Mendorong penyelenggaraan kegiatan tanggap darurat yang baik
f. Mendorong penyelenggaraan rehabiltasi dan rekontruksi sebagai bagian dari membangun kesiap siagaan dan sesuai sasaran
g. Mewujudkan kegiatan prabencana tanggap darurat dan pasca bencana

Masyarakat yang bisa bergabung dalam Forum Pengurangan Risiko Bencana Desa dengan persyaratan sebagai berikut :
✔ Semua warga masyarakat desa Condongcatur
✔ Yang mempunyai kesadaran, kemauan dan kemampuan dalam kegiatan PRB.
✔Bertanggung jawab
✔Disiplin, jujur dan mempunyai loyalitas
✔Berpengalaman luas
✔Sehat jasmani dan rokhani

Pengurus dipilih secara musyawarah dan mufakat dalam pertemuan yang diperuntukkan untuk itu, dengan masa kerja 3 tahun. Anggota aktif berperan dalam semua kegiatan Forum Pengurangan Risiko Bencana tidak masuk dalam kepengurusan dan berhak menjadi pengurus.

 

© 2020
INFOCondongcatur

Please follow and like us:
About admin 773 Articles
Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


*