Tumbuh Kembang Anak Harus Terjaga, Tim Pokjanal Posyandu Lakukan Pemantauan

Meskipun pandemi covid-19 belum berakhir dan anak-anak belajar dari rumah, tumbuh kembang mereka tetap harus terkontrol. Terlebih banyak Posyandu yang belum beroperasi. Kalaupun sudah beroperasi, dilaksanakan dengan terbatas maupun mengubah mekanisme agar tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19 dan memperhatikan kategori zonasi dalam PPKM Mikro.

Hal tersebut disampaikan oleh Isti Fajaroh, Pj Kepala Jawatan Sosial saat memantau langsung kegiatan Posyandu Bugenvil di Padukuhan Sanggrahan Kalurahan Condongcatur pada hari Rabu, 3/3/2021 sekitar pukul 09.00. Turut serta dalam kegiatan pemantauan posyandu integrasi tersebut  Ketua TP PKK Kapanewon Depok, Tim Pojanal Posyandu Kapanewon, dan Kamituwa Kalurahan Condongcatur. Rombongan diterima langsung Ketua Posyandu Bugenvil didampingi Dukuh Sanggrahan, Suparman di Kantor Dukuh setempat.

“Menindaklanjuti Surat Edaran dari Dinkes tentang kegiatan posyandu di masa pandemi, diharapkan kegiatan-kegiatan dibatasi dan menyesuaikan kriteria zonasi dalam PPKM Mikro,” ujar Isti.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua TP PKK Kapanewon Depok, bahwa perlu ada penyesuaian-penyesuaian protap.

“Jika dulu 7 meja, sekarang 3 meja., diatur kedatangannya, mengikuti prokes dan kedepannya harus terintegrasi dengan layanan pendidikan anak usia dini (PAUD) dan Layanan Keluarga Berencana, “ ujar Dewi Indriyati,Ketua TP PKK Kapanewon Depok.

Menurut salah satu kader Posyandu Bugenvil, tingkat kehadiran balita yang mengikuti kegiatan posyandu ini baru sekitar 60-70%. Ada sekitar 50an anak yang biasanya dating ke Posyandu. Hal tersebut dibenarkan oleh Suparman, Dukuh Sanggrahan bahwa memang masih ada yang belum aktif di Posyandu. Hal tersebut dimungkinkan karena pandemi dan sudah melakukan kontrol gizi di Rumah Sakit.

“Untuk memecah kerumunan, di Sanggrahan ini ada RT yang membuka sendiri Posyandu, yaitu di RT 6 dan 7, jadi tidak bergabung di Posyandu Padukuhan,” ujarnya.

 

Please follow and like us:
About admin 931 Articles
Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


*