Tingkatkan Kompetensi, Satlakar Desa Caturtunggal Ikuti Peningkatan Kapasitas

Satuan Relawan Kebakaran (Satlakar) Desa Caturtunggal yang diinisiasi oleh Pemerintah Desa Caturtunggal ikuti kegiatan peningkatan kapasitas di Ruang Karangtumaritis Lantai 2 Kompleks Balai Desa Caturtungal, Selasa (17/12). Acara ini diselenggarakan oleh Tim Program Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Depok sekitar pukul 09.00. Dalam kegiatan tersebut sejumlah narasumber dihadirkan untuk menambah pengetahuan para anggota Satlakar.

Narasumber dalam kegiatan tersebut berasal dari Sed Pupuk sejumlah 4 orang. Ketua TPID Kecamatan Depok Yon Afrizal menyampaikan bahwa dipilihnya Desa Caturtunggal sebagai objek kegiatan ini karena relawan yang ada di sini (Caturtunggal, red.) cukup aktif. Terlebih sudah ada Satlakar. “Fokus kami di Desa Caturtunggal karena komunitas ini baru terbentuk, sehingga dipandang perlu memperoleh tambahan pengetahuan”, ujar Rizal.

Dalam sambutannya, Penjabat Kepala Desa Caturtunggal Munadi menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Pemdes Caturtunggal dengan TPID Kecamatan Depok. Para anggota satlkar bisa memperoleh ilmu lebih dan kompetensi di dalam penganggulangan bencana kebakaran.

Sementara itu, Camat Depok Abu Bakar mengapresiasi acara ini mengingat wilayah Caturtunggal merupakan daerah dengan pemukiman padat, akses jalan ke pemukiman tersebut ada yang sempit. Sehingga aset Mobil Pemadam Kebakaran mini yang dimiliki oleh Pemdes Caturtunggal sangat bermanfaat. Setelah dibuka oleh Camat Depok Abu Bakar. “Banyaknya warung makan, warmindo, warteg, pom mini, kos-kosan, dsb yang menyumbang kepadatan penduduk dan arus lalu lintas, menjadikan Desa Caturtunggal rawan terjadi kebakaran, sehingga perlu armada damkar yang sigap sedia ketika terjadi kebakaran”, ujar Abu.

Lebih lanjut Abu menyampaikan bahwa idealnya setiap ruangan di instansi pemerintah memiliki Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Para pegawainya pun diharuskan bisa mengoperasikan APAR tersebut, tanpa harus menunggu petugas damkar apabila terjadi kebakaran.

Dalam acara tersebut juga diisi dengan tanya jawab dan diskusi sehingga jalannya peningkatan kapasitas ada umpan balik dari peserta.

Please follow and like us:

Recommended For You

About the Author: admin

Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Open chat
Hai, Ada yang bisa kami bantu? Format : NamaLengkap#NIK#Alamat#Pertanyaan
Powered by