Masyarakat Sambilegi Kidul Kalurahan Maguwoharjo Siap Ikut Andil Menurunkan Kasus DBD Melalui Program Si Wolly Nyaman

Pasca dirilis oleh Bupati Sleman Sri Kustini Purnomo, dalam acara Dialog Rakyat Program Si Wolly Nyaman, Jumat (21/5/2021) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, maka telah dimulailah proses penitipan ember berisi telur nyamuk ber-wolbachia di masyarakat. Program ini merupakan pelengkap dalam  mendukung program pengendalian Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Sleman yang terbukti ilmiah efektif menurunkan kasus DBD hingga 77%.

Tindak lanjut dari peluncuran tersebut, di Kapanewon Depok digelar seremoni pelepasan telur nyamuk berwolbachia. Salah satunya di Padukuhan Sambilegi Kidul, Kalurahan Maguwoharjo, menggelar seremoni pelepasan telur secara simbolis, Senin (24/5/2021) di Kantor Dukuh Sambilegi Kidul. Panewu Anom Wakhid Basroni menyerahkan ember berisi telur nyamuk ber-wolbachia kepada Kamituwa Kalurahan Maguwoharjo M. Zabidi didampingi Tim World Mosquito Program (WMP) Yogyakarta dan Staf Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, untuk selanjutnya diserahkan kepada Febri, Dukuh Sambilegi Kidul. Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Puskesmas Depok 1 dan jajarannya, Bhabinkamtibmas Kalurahan Maguwoharjo, Tokoh Masyarakat, Kader, dan perwakilan Orang Tua Asuh (OTA) yang akan dititipi ember.

Cahya Prihantama, Penyuluh Kesehatan Masyarakat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman menganalogikan program ini dengan mengatakan bahwa kita harus menanam kebaikan, seperti contoh kita menanam durian, dengan harapan kita memanen buah durian yang baik dan manis.

“Sama halnya dengan program Si Wolly Nyaman ini, saat ini kita menginisiasi pelepasan nyamuk ber-wolbachia selama kurang lebih 6 bulan atau tercapai 60% populasi nyamuk, harapannya di tahun depan kita bisa menurunkan kasus DBD hingga 50% bahkan 77%”, kata Cahya saat memberikan sambutan.

Untuk itu, Cahya berharap masyarakat di Kapanewon Depok pada umumnya dan masyarakat di Padukuhan Sambilegi Kidul pada khususnya, bisa mendukung program ini.

Hal senada juga diutarakan oleh Panewu Anom Wakhid Basroni agar program ini didukung oleh seluruh masyarakat. “Kalurahan Maguwoharjo sebagai wilayah perkotaan, saya harapkan masyarakatanya lebih peduli dengan kesehatan, salah satunya peduli dengan penyakit DBD. Pola pikir kita harus selangkah lebih maju. Mari bersama-sama kita dukung program Si Wolly Nyaman ini agar Kapanewon Depok bisa keluar dari 3 besar juara kasus DBD, “ tutur Wakhid saat memberikan sambutan dan pengarahan dalam acara rilis nyamuk ber-wolbachia.

Pasca penyerahan ember kepada Dukuh Sambilegi Kidul, para kader pun langsung menuju ke lapangan kepada OTA yang sebelumnya sudah bersedia merawat ember berisi telur nyamuk didampingi tim dari WMP Yogyakarta. OTA sendiri menyasar pemukiman warga, fasilitas umum, fasilitas sosial, dan perkantoran. Padukuhan Sambilegi Kidul sendiri ditargetkan ada sekitar 60 ember dititipkan kepada OTA dan 27 ember ditempatkan di wilayah Bandara Adi Sutjipto.

Please follow and like us:
About admin 953 Articles
Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


*