Puluhan Relawan dan Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Kali Pelang

Permasalahan sampah di Kabupaten Sleman menjadi salah satu fokus program kegiatan peduli lingkungan yang terus digencarkan. Sebagai wilayah yang dilewati beberapa sungai dan kali, serta menjadi daerah kawasan pengembangan Kota Yogyakarta, volume sampah yang tinggi dan perilaku masyarakat membuang sampah sembarangan, masih sering terjadi.

Tak ketinggalan kali Pelang yang berada di sisi timur Kantor Kecamatan Depok menjadi tempat pembuangan sampah liar oknum masyarakat. Untuk itulah guna meminimalisasi tumpukan sampah, mencegah banjir sampah dan penyakit, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sleman bekerja sama dengan Kecamatan Depok menggandeng komunitas relawan, masyarakat dan instansi terkait seperti Polsek, Koramil, Puskesmas dan Desa mengadakan bersih-bersih Kali Pelang dan seputaran penggal Jalan Padjajaran depan Kantor Kecamatan. Hadir pula dalam kesempatan tersebut Kepala Bidang Pengendalian Lingkungan Hidup DLH Purwoko Sasmoyo, S.T.,M.M. dan Kepala Seksi Pengendalian Pencemaran dan Pemulihan Lingkungan Ir. Rachmat Budi Saptono.

Sebelum melaksanakan giat Program Kali Bersih (Prokasih) tersebut, terlebih dahulu dilaksanakan apel persiapan dengan komandan apel Aris Widiyantara, Kasi Tramtib Kecamatan Depok dan dengan pembina Camat Depok Abu Bakar. Dalam arahannya, Abu menegaskan bahwa kegiatan ini sudah rutin dilaksananakan oleh Desa dan Kecamatan ingin kegiatan ini tak hanya diinisiasi oleh Pemerintah, namun juga harus bisa melibatkan masyarakat dan relawan, termasuk mahasiswa.

“Kita ingin menularkan kegiatan ini ke Desa yang lain dan membaur dengan masyarakat. Budaya gotong royong ini menjadi bagian dari budaya kita sehari-hari”, terangnya.

Sementara itu, Wadanramil 11 Depok yang turut hadir beserta jajarannya juga menambahkan bahwa Kecamatan Depok ini tak hanya dihuni oleh penduduk asli saja. Masyarakat dari Sabang sampai Merauke ada di Kecamatan Depok.

“Saya senang bisa bergabung dan bertemu dengan dengan masyarakat yang heterogen ini. Bagi Mahasiswa, mari ikut bergotong royong, tularkan ke mahasiswa lain. Ketika sudah selesai belajar dan kembali ke daerahnya masing-masing, bagikan hal yang baik di sana”, paparnya.

Kegiatan prokasih sendiri dibagi menjadi 3 tim, tim pertama membersihkan pinggiran Jalan Padjajaran depan Kantor Kecamatan Depok. Tim Kedua membersihkan penggal Kali Pelang yang dimulai dari Jembatan Gejayan ke Selatan. Sedangkan Tim Ketiga membersihkan penggal Kali Pelang dimulai dari Jembatan Gejayan ke utara hingga jembatan Jl. Anggajaya III-Jl. Gondang Raya (depan Taman Kuliner Condongcatur).

Please follow and like us:

Recommended For You

About the Author: admin

Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*