Percepat Terciptanya Kekebalan Komunitas, Vaksinasi Massal Bagi Pekerja Pariwisata dan Pelayanan Publik Digelar di Hotel Marriott Yogyakarta

Guna mempercepat capaian masyarakat yang sudah tervaksin covid-19 dan herd immunity (kekebalan komunitas), vaksinasi massal digelar di Hotel Marriott Yogyakarta, Jalan Padjajaran, Kaliwaru, Condongcatur, Depok, Sleman. Acara tersebut menyasar kelompok masyarakat di sektor pariwisata dan petugas pelayanan publik lainnya yang dimulai sejak Rabu, 16/6/2021 hingga Rabu, 23 Juni 2021.

Agar dapat menjangkau kelompok sasaran yang lebih luas, digelar seremoni pembukaan vaksinasi massal untuk pelaku pariwisata dan pelayanan publik lainnya pada hari Senin (21/06/201) yang dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi Kesehatan Kementerian Kesehatan, Direktur Utama Otoritas Borobudur, Dinas Kesehatan Provinsi DIY, Dinas Pariwisata Provinsi DIY, Pemkab Sleman dan jajaran, Direktur Utama RSUD Prambanan, Panewu Anom Kapanewon Depok, Kepala UPT Puskesmas se-Kapanewon Depok, serta teman-teman media pers.

Selama kurang lebih 8 hari, pihak pantia menargetkan sekitar 10.000 orang dapat mengikuti vaksinasi. Kegiatan ini terselenggara berkat kolaborasi dan kontribusi dari Pemkab Sleman, Kementerian Kesehatan, Kementeriaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Danone Indonesia, dan Hotel Marriot Yogyakarta.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sleman dan jajaran yang sudah memberikan kepercayaan kepada Hotel Marriott sebagai tempat penyelenggaraan vaksinasi massal. Kami berharap target 10ribu orang dapat tercapai, “ tutur Retno Miranti, Direktur Sales dan Marketing Hotel Marriott saat memberikan sambutannya.

Sementara itu, pihak Danone Indonesia yang ikut berkontribusi mendukung vaksinasi massal juga menyampaikan kebahagiaannya karena bisa kembali berkolaborasi dengan Pemkab Sleman. “ Ini merupakan bentuk komitmen kami dalam bidang hidrasi dan nutrisi. Kami memiliki produk guna mendukung sektor kesehatan seperti minuman dan nutrisi, kami berikan produk tersebut kepada para petugas tenaga kesehatan, panitia maupun peserta vaksin, “ kata Vera Galuh Sugijanto selaku Vice President General Secretary Danone Indonesia dalam sambutannya.

Lebih lanjut Vera Galuh menyampaikan bentuk-bentuk program kegiatan yang sudah dijalankan oleh Danone Indonesia, diantaranya mendukung vaksinasi gotong royong dengan bentuk kegiatan vaksinasi bagi karyawan, program CSR dengan memberikan bantuan kepada Pemerintah Pusat, Kemenkes, rumah sakit, universitas, pemerintah daerah, kelompok komunitas, LSM, dll. “Kami sudah mengucurkan dana sekitar 56 milyar untuk mendukung penanganan covid di Indonesia, “ imbuhnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini pemerintah gencar melakukan vaksinasi, namun  di sisi lain kasus covid-19 juga sedang gencar-gencarnya naik. “Kami mengapresiasi langkah Pemerintah DIY, khususnya Sleman, karena sudah mencapai 109% dari target masyarakat yang sudah divaksin, “ tutur Dr. dr. H. Mohamad Subuh, M.PPM, Staf Ahli Bidang Ekonomi Kesehatan Kemenkes RI.

Menurutnya, di dalam menangani pandemi ini, perlu langkah strategis opersional, diperlukan kolaborasi dan kontribusi. “Semua pihak harus terlibat, terlebih  akhir-akhir ini kasus konfirmasi positif naik signifikan termasuk DIY dan Sleman, untuk itu saya juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Danone Indonesia dan Hotel Marriott yang sudah berkolaborasi dan berkontribusi bersama pemerintah. Perlu sentra-sentra vaksinasi seperti ini, “ imbuhnya.

Hal senada juga dilontarkan dr. Mafilindati Nur Aini, M.Kes, Staf Ahli Bupati Bidang Kesra yang hadir dalam kegiatan tersebut. “Kami sangat mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam acara ini. Vaksianasi ini merupakan bagian penting dalam menangani pandemi. Tujuannya antara lain mengurangi transmisi, menurunkan tingkat kesakitan dan kematian, serta menciptakan kekebalan komunitas, “ jelas dr. Mafilindati saat membacakan sambutan Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo juga tetap berharap masyarakat menerapkan prokes dengan Cita Mas Jajar, membatasi mobilitas, dan menjauhi kerumunan. “ Kita harus mendukung vaksinasi, karena sudah jelas tingkat keamanannya,kehalalannya, dan efektivitasnya. Untuk para pelaku pariwisata, saya harap juga bisa berkontribusi dengan turut serta mengedukasi masyarakat di tempat wisata, dan menjadi pelopor pencegahan penularan covid-19. “ imbuhnya.

Usai dibuka secara resmi, Dr. dr. Moh Subuh didampingi dr. Mafilindati dan seluruh tamu meninjau langsung proses vaksinasi dengan mengajak awak pers. Rombongan melihat secara langsung proses vaksinasi dan sesekali berdialog dengan para peserta dan petugas maupun panitia.

Please follow and like us:
About admin 975 Articles
Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


*