Penyerahan Akta Kematian Program Lukadesi

Terhitung sejak tanggal 8 Agustus sampai dengan 14 November 2018, Desa Caturtunggal telah melayani akta kematian melalui program Keluarga Berduka Desa Siaga (LUKADESI) sebanyak 38 permohonan.

Kepala Desa Caturtunggal, Agus Santoso, S.Psi, melalui Dukuh Janti menyerahkan akta kematian pada Jum’at, 9 November 2018, kepada ahli waris dari Bapak Sumardiyono dan Ibu Sumarni warga Padukuhan Janti. Pada Rabu (13 November 2018) juga diserahkan akta kematian melalui Dukuh Gowok kepada ahli waris dari Bapak H. Nyono Haryono warga Padukuhan Gowok, serta di Sagan melalui Ibu Dukuh Sih Sugiarti juga diserahkan akta kematian kepada ahli waris dari Ibu Poniyem.

Dalam rangka mendukung peningkatan kesadaran tertib administrasi kependudukan, Kepala Desa Caturtunggal, Agus Santoso, S.Psi, melakukan inovasi melalui kerjasama dengan Disdukcapil kabupaten Sleman untuk program Keluarga Duka Desa Siaga (Lukadesi) yang berkaitan dengan peristiwa kematian.

Dalam program ini, data kematian akan dioptimalkan lewat integrasi data secara berjenjang antara dinas dan desa. Desa Caturtunggal secara langsung melakukan input data mengenai informasi kematian, atau membuat surat keterangan kematian melalui petugas yang telah ditunjuk oleh Kepala Desa.

Jika ada peristiwa kematian, petugas akan langsung meng-input data kematian dan petugas dari Desa akan menangani registrasi sehingga proses pembuatan akta bisa segera dilakukan melalui mekanisme yang ada. Akta kematian diserahkan kepada ahli waris pada saat prosesi pemberangkatan jenazah.

Selain sebagai upaya mendukung kesadaran tertib administrasi, program Lukadesi ini juga merupakan bukti nyata pelayanan prima dan bentuk empati serta dukungan moriil dari Pemerintah Desa Caturtunggal kepada warganya yang sedang berduka.

(sumber : https://www.caturtunggal.id/index.php/news/detail/212/Penyerahan-Akta-Kematian-Program-Lukadesi-Pada-Minggu-Pertama-Bulan-November-2018)

Please follow and like us:
About admin 866 Articles
Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


*