Pengurus Takmir Masjid Darul Hikmah Dilantik, Umat Harus Nyaman Beribadah

Kepengurusan Takmir Masjid Darul Hikmah Kompleks Kantor Kapanewon Depok Kabupaten Sleman periode 2021-2025 sudah terbentuk. H. Sun Haji, S.Ag terpilih sebagai ketua. Sebanyak kurang lebih 28 orang pengurus takmir yang baru dilantik Sayuti, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Cabang Depok pada Jumat, 9/4/2021 di Gedung Sasana Anglocita Tama Kapanewon Depok usai  sholat Jumat.

Pelantikan diikuti perwakilan pengurus takmir yang terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara, Ketua Bidang Imarah, Idarah, dan Ketua Bidang Ri’ayah tersebut disaksikan langsung oleh Panewu Depok Abu Bakar dan jajaran.

Sayuti berharap kepengurusan yang baru bisa membawa visi yang jelas. Mengingat Masjid Darul Hikmah ini berada di kompleks perkantoran yang berada di pinggir Jalan Ring Road.

“Gambaran visi tersebut antara lain bagaimana upaya takmir untuk menjadikan Masjid Darul Hikmah sebagai masjid transit, tetap nyaman ketika digunakan jamaah. Bisa dengan penambahan fasilitas air minum gratis, sehingga jamaah yang dari jauh, berkendara dan mampir di masjid betah beribadah di sini, ” tutur Sayuti saat memberikan pengarahan usai melantik pengurus takmir.

Masyarakat pengguna layanan yang ada, pas waktu-waktu sholat bisa beribadah di sini. Misalnya waktu sholat dhuha, sehingga masjid bisa lebih makmur. “Mungkin bisa dengan memasang tulisan-tulisan yang menarik jamaah agar masyarakat yang sedang mengurus layanan sambil menunggu pelayanan, bisa mampir di masjid dengan segala fasilitas pendukungnya, ” imbuhnya.

 

Hal senada juga diungkapkan Panewu Depok Abu Bakar saat memberikan pembinaan kepada pengurus takmir yang baru tersebut.  Terlebih, rencananya pembangunan jalan tol Jogja Solo akan segera dimulai dan kemungkinan serambi masjid di sisi selatan terdampak.

“Untuk itu perlu dipikirkan bersama bagaimana merelokasi tempat wudhu yang berdekatan dengan Jalan Ring Road, entah itu di sisi utara Masjid atau sisi barat Masjid”, kata Abu.

Lebih lanjut Abu menyampaikan tentang kegiatan Masjid Darul Hikmah yang selama ini baru sebatas pelaksanaan sholat wajib. Padahal ada kantor sekretariat Badan Koordinasi (BADKO)  TKA/TPA Rayon Depok.

“Saya harap bisa berkolaborasi dengan pengurus BADKO, sehingga masjid lebih makmur. Kemarin sudah ada rencana kegiatan dari BADKO tentang pelatihan animasi, silakan bisa memanfaatkan kompleks masjid, ” imbuh Abu.

Ketua Takmir terpilih Sun Haji pun mengajak seluruh pengurus agar memaksimalkan perannya. Pengurus takmir yang berlatar belakang beragam seperti dari Muhammadiyah, NU, Remaja Masjid, Masyarakat, KUA, PKK, dan lain-lain tersebut diharapkan tidak lagi membawa baju masing-masing, melainkan baju yang sama yakni takmir masjid.

“Tidak ada lagi saya dari unsur mana, kamu dari mana, kita satu visi. Diharapkan jelang Ramadhan nanti, pengurus takmir bisa berkumpul untuk duduk bersama membahas kegiatan dalam rangka memakmurkan masjid, ” tutur Sun Haji.

Sun Haji pun menerangkan gambaran singkat masing-masing bidang mulai dari bidang Idarah, Imarah, dan Ri’ayah. Bidang-bidang tersebut sudah dirinci dalam lampiran Keputusan Panewu Depok Nomor 12/KPTS/III/2021.

“Mari bersama-sama kita perbaiki kekurangan-kekurangannya. Misal yang adzan diseragamkan, khotib juga demikian, agar jamaah yang memandang lebih nyaman dan betah, ” pungkasnya.

Please follow and like us:
About admin 939 Articles
Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


*