Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2020

Bertempat di Grand Keisha Yogyakarta,  Komisi Informasi Daerah DIY melaksanakan Penganugerahan keterbukaan informasi badan publik tahun 2020 yang bertepatan dengan peringatan hari hak asasi manusia (HAM) telah dilaksanakan (10/12/2020). Mengingat masih dalam situasi pandemi covid19, penganugerahan hanya dihadiri oleh para prestator terbaik.

Pada tahun 2020 ini, PPID Kapanewon Depok memperoleh posisi kedua setelah Kapanewon Moyudan. Adapun hasilnya diperoleh nilai 88 atau kategori Menuju Informatif berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi dan akumulasi penilaian atau kejuaraan. Sedangkan berdasarkan kualifikasi badan publik, Kapanewon Depok memperoleh nilai 91,53 atau kategori Informatif.

Disampaikan oleh Ketua KID DIY Moh. Hasyim, Dalam Laporan pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi pada Badan Publik di DIY tahun 2020 ini, melibatkan beberapa tokoh pegiat keterbukaan informasi publik dari beberapa instansi di luar KID DIY baik dari lembaga perguruan tinggi Universitas Aisyiyah Yogyakarta (UNISA), Program Studi Komunikasi Universitas Gadjah Mada, Pusat Kajian Anti Korupsi (PUKAT) UGM, dan Klinik Keterbukaan Informasi Universitas Islam Indonesia), dari lembaga penelitian (Balai Pengembangan SDM dan Penelitian (BPSDMP), dan juga dari Civil Society Organization/CSO (IDEA Yogyakarta, Masyarakat Peduli Media, dan Combine Resource Institution).

“Mereka berperan aktif dalam pelaksanaan monitoring dan evaluasi, sejak merumuskan instrumen penilaian sampai melakukan penilaian. Pelibatan tersebut dimaksudkan selain untuk menjaga objektivitas juga secara umum untuk meningkatkan kualitas monev” ujar Hasyim.

Selanjutnya dijelaskan oleh Ketua KID, Moh. Hasyim berkaitan dengan tujuan monev, tahapan monev, dan Kategori Badan Publik yang dimonev. Selain untuk untuk menentukan juara 1, 2, dan 3 untuk tiap-tiap kategori/cluster (seperti tahun-tahun sebelumnya), Monev tahun 2020 ini (berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya) juga dimaksudkan untuk melakukan pemeringkatan keterbukaan informasi Badan Publik, dengan demikian seluruh badan publik akan mengetahui hasil monitoring dan evaluasi terhadap badan publik tersebut sehingga dapat meningkatkan kinerjanya pada masa-masa mendatang. Tahapan penilian dan bobotnya untuk melakukan pemeringkatan meliputi pengisian kuesioner mandiri atau Self Assesment Questionnaire (SAQ), verifikasi website dan uji akses.

Penentuan juara 1, 2, dan 3 untuk tiap-tiap kategori/cluster dilakukan dengan visitasi terhadap 3 Badan Publik yang memperoleh nilai tertinggi pada setiap cluster dengan syarat apabila nilainya minimal 80 (paling tidak memenuhi kualifikasi “Menuju Informatif”). Sebagai upaya pencegahan meluasnya penularan covid-19 pada cluster perkantoran, visitasi dilakukan secara online.

Berikut rilis dari KID DIY : Press Release Penganugerahan 2020

Please follow and like us:
About admin 888 Articles
Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


*