Memperingati Hari Jadi Palang Merah Indonesia ke-75. PMI Kapanewon Depok Menggelar Acara Donor Darah

Dalam Rangka memperingati HUT Palang Merah Indonesia yang Ke-75 Tahun, PMI Kapanewon Depok bersama PMI Kabupaten Sleman menggelar kegiatan donor darah pada hari Rabu (23/09/2020). Bertempat di Pendopo Kantor Kapanewon Depok, Jalan Ringroad Utara, Gandok, Condongcatur, Depok, Sleman pelaksanaan kegiatan tersebut penerapan protokol kesehatan sangat ketat dan semua partisipan mematuhi protokol kesehatan yang sudah diterapkan.

Sebanyak 30 kantong darah terkumpul pada aksi ini untuk membantu PMI memenuhi kebutuhan darah masyarakat. Ketua PMI Kapanewon Depok Endro P menjelaskan timnya akan menjalankan donor darah karena melihat persediaan darah yang semakin menipis dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Stok menipis dan butuh segera cadangan, namun tetap dengan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid19, ” ujarnya.

Kegiatan Donor Darah ini masih bisa dikatakan kegiatan perdana Pengurus PMI Kapanewon Depok karena baru terbentuk sekitar satu tahun lalu. Untuk anggota dari kepengurusan PMI Kapanewon Depok terdiri dari beberapa Mahasiswa di Perguruan Tinggi yang berada didaerah Pemerintahan Kapanewon Depok, selain itu juga terdiri dari anggota PMR di SMA dan SMK yang berada di Kapanewon Depok. Mengerahkan undangan kepada komunitas-komunitas dan relawan yang ada di Kapanewon Depok, kegiatan tersebut dapat berjalan hingga tengah hari tanpa ada waktu yang terbuang.

“Walau tidak bisa sesuai target awal yaitu 50 kantong darah, hasil dari kegiatan tersebut mampu menambah jumlah persediaan darah di PMI Sleman.” imbuhnya.

Sedangkan pada saat pelaksanaan, posisi pengambilan darah dilakukan dengan menjaga jarak kurang lebih sekitar 1 (satu) meter.Sebanyak empat kursi disediakan untuk tempat bagi para pendonor. Pemanggilan pendonor pun dilakukan secara bertahap, sehingga tidak terjadi antrean, serta sebelum memasuki tempat pelaksanaan kegiatan Donor Darah para partisipan juga diwajibkan untuk mencuci tangan serta dilakukan pengecekan suhu badan, serta menggunakan masker yang dilakukan oleh panitia pelaksana kegiatan Donor Darah, untuk mengantisipasi terjadinya penularan  Covid-19. (And/An)

 

Please follow and like us:
About admin 859 Articles
Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


*