Mampu Beradaptasi dan Terapkan Mitigasi Perubahan Iklim, Padukuhan Gowok Maju Evaluasi Proklim

Tim verifikasi Evaluasi Program Kampung Iklim (Proklim) Kabupaten Sleman melaksanakan kunjungan lapangan ke Padukuhan Gowok, Kalurahan Caturtunggal, Kapanewon Depok, Sleman, Kamis (24/06/2021).

Kedatangan rombongan tim yang terdiri dari DLH Sleman, Bappeda Sleman, Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Sleman, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan Sleman, dan Dinas Kesehatan, disambut langsung oleh Panewu Depok Abu Bakar, didampingi Lurah Caturtunggal Agus Santoso dan jajaran Pemerintah Kalurahan Caturtunggal, Dukuh Gowok, dan masyarakat setempat.

Menurut Abu, Padukuhan Gowok memiliki karakteristik yang unik. Wilayahnya daerah perkotaan, berbatasan dengan rel kereta api, tapi masih mempunyai tanah pertanian yaitu Tanah Kas Desa (TKD) yang dikelola dengan cukup baik.

“Suasana bising lalu lalang kereta api membuat masyarakat sudah bisa beradaptasi dengan lingkungan. Pemanfaatan lahan terbatas patut diapresiasi karena mampu menerapkan mitigasi perubahan iklim, “ kata Abu.

Arif Wibowo dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sleman selaku Koordinator Tim Verifikator menyampaikan bahwa tiga peringkat tertinggi dari hasil evaluasi ini akan mendapatkan pendampingan untuk maju dalam evaluasi proklim tingkat nasional.

“Kami akan melihat dan mengecek langsung sesuai dengan dokumen yang telah disusun oleh Tim Proklim Padukuhan Gowok, antara lain pemanfaatan lahan terbatas, pengelolaan sampah mandiri, integrasi kegiatan kelompok ternak dan Kelompok Wanita Tani (KWT), “ jelas Arif.

Selain itu tim juga akan melihat struktur pembangunan fisik terkait usaha adaptasi dan mitigasi perubahan iklim seperti Saluran Pembuangan Air Hujan (SPAH), pemanfaatan solar sell, Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL), usaha konservasi air, jalur evakuasi dan titik kumpul, rumah ramah energi listrik/fosil, dan lainnya.

“Dari hasil verivikasi tim di lapangan, semua lengkap dan sesuai dengan dokumen yang disusun. Kekompakan masyarakat patut diapresiasi. Semoga ke depannya semua usaha mitigasi dan adaptasi dapat dikembangkan di wilayah lainnya, “ tambah Arif saat menyampaikan kesan dan pesan usai melakukan verifikasi lapangan.

Sementara itu, Agus Santoso Lurah Caturtunggal menyampaikan bahwa Pemerintah Kalurahan selalu memberi dukungan di setiap acara lomba, evaluasi maupun monitoring, baik tingkat Kalurahan, Kapanewon, Kabupaten, dan seterusnya.

“Usaha masyarakat dalam melaksanakan kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di wilayah perkotaan seperti ini, memang harus diapresiasi setinggi-tingginya, “ terang Agus saat melepas tim verifikator dan tamu undangan lainnya.

Please follow and like us:
About admin 975 Articles
Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


*