Lomba Galang Tingkat Kecamatan Depok

Suasana berbeda mewarnai halaman Kantor Camat Depok pada Sabtu, 13 Desember 2014 sejak pagi. Ratusan penggalang dari 18 SD/Pangkalan se-Kecamatan Depok mengikuti kegiatan Lomba Galang Tingkat Kecamatan Depok. Didampingi oleh Kakak Pembina setiap pangkalan, pukul 08.30 dilaksanakanlah upacara pembukaan. Usai dibuka oleh Pembina Upacara, dua kali tepuk Pramuka pun terdengar riuh dan semangat menandai kegiatan ini resmi dibuka. Kegiatan ini berlangsung hingga sore hari sekitar pukul 16.00.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya oleh Kwartir Ranting Kecamatan Depok. Pada kali ini lomba yang diadakan antara lain lomba sandi morse, pengetahuan umum pramuka, pembuatan tiang bendera (sambung tongkat), dragbar, dan pendirian tenda. Setiap pangkalan SD mengirimkan kontingennya untuk mewakili setiap cabang yang dilombakan dan akan diambil Juara 1-3 untuk kategori Penggalang Putri an Penggalang Putra. Setiap juara juga mendapatkan tropi dan piagam penghargaan.

Suasana rame, riuh dan semangat nampak di raut wajah para peserta lomba. Di tengah terik yang mulai panas tidak menyurutkan semangat adik-adik penggalang ini untuk menunjukkan kemampuan dan keahliannya di dunia kepramukaan. Tak sedikit para peserta harus mengulangi dari awal karena tidak mendengarkan instruksi dari Pembina, dikarenakan waktunya belum dimulai para peserta sudah ada yang mendirikan tenda, menyambung tongkat dsb. Para Juri yang dibantu oleh kakak-kakak dari Pandega Universitas Islam Negeri Yogyakarta terlihat sibuk mengawasi, mengamati dan menilai para peserta lomba.

Kegiatan pramuka di Kwarran Depok ini bias dibilang cukup aktif. Beberapa kali kegiatan diselenggarakan di halaman Kantor Camat Depok. Tentunya pola pembinaan karakter melalui kepramukaan ini diharapkan  dapat dilanjutkan. Kegiatan-kegiatan latihan kepramukaan di tingkat SD juga sudah menjadi kegiatan rutin setiap Minggunya.

Please follow and like us:
About admin 975 Articles
Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


*