KWT Srikandi Mrican Sabet Juara V Pada Lomba KRPL Tingkat Nasional Tahun 2020

Caturtunggal.id– Kelompok Wanita Tani (KWT) Srikandi Padukuhan Mrican Caturtunggal, berhasil meraih juara V tingkat nasional pada lomba Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) tahun 2020. Setelah kemarin (red: Rabu pagi, 23/09) dilakukan penilaian oleh juri dari Kementerian Pertanian RI, dan pada hari ini digelar panen online panen P2L serentak secara nasional dan pemberian penghargaan P2L terbaik nasional tahun 2020.

KWT Srikandi merupakan salah satu perwakilan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang maju ketingkat nasional dan berhasil meraih peringkat lima nasional.

Kegiatan panen online serentak di 33 Provinsi bersama Menteri Pertanian RI tersebut berlangsung semarak dan penuh kekompakan. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan DIY bersama dengan Kepala Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan, Panewu Depok, Penjabat Kepala Desa Caturtunggal, beserta masyarakat Padukuhan Mrican cukup antusias mengikuti rangkaian acara panen online tersebut.

Secara bergantian, para peserta memanen aneka buah dan sayuran, serta hasil peternakan ayam yang ada dilingkungan demplot Srikandi yang menjadi pusat kegiatan panen online. Penjabat Kepala Desa Caturtunggal, Munadi, S.Sos, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada torehan prestasi KWT Srikandi Mrican tersebut.

Sebagai bentuk apresiasi, pada kesempatan tersebut Munadi juga menyampaikan bantuan operasional dari Pemerintah Desa Caturtunggal kepada KWT Srikandi Mrican.

“Alhamdulilah meski hanya diperingkat kelima, kami semua merasa bangga KWT Srikandi Mrican dapat mewakili Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta lolos ketingkat Nasional sebagai penerima apresiasi pemanfaatan lahan pekarangan 2020. Semoga dapat menginspirasi serta sebagai motivasi KWT lainnya yang ada di Desa Caturtunggal,” ungkap Munadi.

Dukuh Mrican, Sumarji, menambahkan perjuangan mengembangkan  KWT Srikandi sebagai penggerak kawasan rumah pangan lestari tidak akan berhenti hanya pada lomba saja. Justru dengan capaian prestasi ini, menjadikan dirinya bersama seluruh anggota KWT Srikandi lebih semangat dan termotinasi dalam memberdayakan dan mengelola lingkungan dengan memanfaatkan lahan yang ada.

“Kami justru akan lebih semangat lagi dalam mengelola lingkungan pekarangan yang walaupun sempit, namun menghasilkan. Kami merasa tertantang melakukan inovasi yang lebih baik lagi. Jadi tidak hanya sekedar membudidayakan saja, tapi menciptakan hasil olahan KWT Srikandi yang bisa mensejahterakan kelompok dan masyarakat sekitar Padukuhan Mrican,” pungkasnya. (dn)

Please follow and like us:
About admin 859 Articles
Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


*