KPSM Kalurahan Maguwoharjo Ikuti Studi Orientasi Pengelolaan Sampah di Sido Rukun Cangkringan

Guna memberikan gambaran pengelolaan lingkungan khususnya sampah, sejumlah anggota Kelompok Pengelola Sampah Mandiri (KPSM) Kalurahan Maguwoharjo mengikuti studi orientasi ke Kelompok Sedekah Sampah Sido Rukun yang berlokasi di hunian tetap (huntap) Jetis Suruh, Glagahmalang, Kalurahan Glagaharjo, Kapanewon Cangkringan pada hari Senin (8/9/2020).

Pengelolaan lingkungan di Kapanewon Depok menjadi permasalahan yang memerlukan penanganan serius. Kapanewon Depok bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman memfasilitasi kegiatan studi banding tersebut agar dapat memberikan wawasan baru dan dapat diterapkan usai mengikuti acara yang digelar sejak pukul 08.00.

“Kami bisa mendapatkan langsung ilmu dari para pelaku pengelolola sampah, semoga bisa diterapkan, dipraktikkan sesuai situasi di wilayah kami,” tutur Hesti, salah satu peserta dari Sambilegi Kidul.

Lebih lanjut Hesti mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. Acara ini sangat bermanfaat bagi peserta.

Jalannya acara tentunya tetap dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid19, antara lain mewajibkan peserta untuk cuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir, pengukuran suhu tubuh, dan memakai masker.

Sementara itu, salah satu staf DLH Sleman menyampaikan bahwa ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kapasitas pengurus. Ada beberapa bantuan yang dapat diakses langsung bagi kelompok masyarakat antara lain bank sampah, gerobak sampah, kompartemen sampah, timbangan, dan mesin jahit. Mekanismenya melalui pengajuan permohonan kepada DLH.

Please follow and like us:
About admin 847 Articles
Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


*