Kinerja Pemdes Condongcatur Dievaluasi Dinas PMD

Kinerja Pemerintahan Desa Condongcatur dievaluasi Tim Penilai Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan  Desa yang dipimpin oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD). Jalannya evaluasi dilaksanakan hari Kamis (31/10) sekitar pukul 12.00 di Kantor Desa Condongcatur. Tim penilai merupakan gabungan dari Perangkat Daerah Kabupaten Sleman seperti Dinas PMD, Bagian Pemerintahan, Satuan Polisi Pamong Praja, Tim Penggerak PKK, Bagian Hukum, Dinas Kominfo, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, dll.

Rombongan tim dipimpin oleh Sekretaris Dinas PMD diterima langsung oleh Kepala Desa Condongcatur Reno Candra Sangaji di Ruang Wacana Loka didampingi Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Depok Munadi. Dalam sambutannya, Kades Condongcatur menyampaikan bahwa Pemdes Condongcatur sudah menyiapkan semaksimal mungkin sesuai indikator-indikator yang diberikan.

“Selain itu kami juga akan menyajikan inovasi-inovasi yang sudah dilakukan oleh Desa Condongcatur seperti dengan menggandeng komunitas Kali Pelang dan Bank Sampah Kasturi”, ujar Reno.

Sementara itu, Ishadi Zayid, Inspektur Pembantu Bidang Pemerintahan Inspektorat mewakili Tim Juri menyampaikan bahwa karakteristik Desa Condongcatur yang berada di wilayah perkotaan masih bisa menjaga gotong royong. “Saya yakin Desa Condongcatur bisa merangkul lembaga desa dengan budaya gotong-royongnya, sehingga potensi-potensi yang ada bisa menjadikan Desa Condongcatur lebih maju”, ujarnya.

Usai seremoni penerimaan, tim juri langsung mengecek administrasi dan bukti-bukti di lapangan sesuai bidangnya seperti penilaian pemerintahan, pelayanan masyarakat, pelayanan informasi dan dokumentasi, pengelolaan surat menyurat dan kearsipan, administrasi BPD, LPMD, PKK, Karangtaruna, Bank Sampah Kasturi dan Komunitas Kali Pelang serta BUMDes yang dimiliki.

Tim juri melihat buku administrasi, melakukan pengecekan dan bukti-bukti dokumentasi kegiatan, meminta salinan data, serta klarifikasi kepada petugas pengampu yang ada di Desa Condongcatur. Tak hanya penyelenggaraan pemerintahan di tingkat desa, tim juri juga menilai administrasi padukuhan. Dalam kesempatan ini, Padukuhan Gejayan menjadi sampel yang dievaluasi. Dukuh Gejayan Nuryanto pun hadir bersama isteri yang juga mewakili PKK Padukuhan.

Selesai mengecek dan mengklarifikasi langsung kepada Perangkat Desa serta lembaga desa, Tim Juri pun menyampaikan hasil evaluasinya yang disampaikan oleh Budi Sutamba Saputra, Sekretaris Dinas PMD Kabupaten Sleman. Budi mengapresiasi seluruh persiapan yang dilakukan oleh Kepala Desa dan Jajarannya.

“Apa yang ada sekarang dan tercatat, tentunya belum bisa menampilkan keseluruhan, namun saya yakin di lapangan sudah lebih dari apa yang tercatat di adminstrasi”, ujar Budi. Tim Juri sudah memberikan lembar catatan, nantinya akan diserahkan kepada Pemerintah Desa dan Kecamatan.

“Bagi kecamatan, kami harapkan agar bisa ditindaklanjuti untuk pembinaan, pendampingan dan mendorong kinerja pemerintahan desa”, imbuhnya.

Selanjutnya catatan tim juri diserahkan kepada Reno secara langsung diikuti penyerahan kepada Camat Depok Abu Bakar.

Menyikapi catatan-catatan tim juri  tersebut, Camat Depok Abu Bakar dalam pidato pelepasan tim juri menyampaikan bahwa desa-desa yang ada di Kecamatan Depok ini karakteristiknya berbeda dengan desa-desa di kecamatan yang bukan wilayah perkotaan.

“Secara geografis, topografis dan karakteristik masyarakatnya tentunya berbeda dengan desa di kecamatan lain. Untuk itu kami berharap dewan juri juga memperhatikan aspek tersebut dalam penilaiannya”, tutur Abu.

Kemudian beliau juga menyampaikan apresiasi kepada Desa Condongcatur yang sudah bersedia menjadi wakil dari Kecamatan Depok. “Kami akan terus bekerja sama dengan Pemdes dan berupaya mendorong agar kinerja penyelenggaraan pemerintahan desa bisa lebih baik”, tambahnya.

Please follow and like us:

Recommended For You

About the Author: admin

Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*