KIM Sebagai “Wartawan” Kalurahan

Kelompok Informasi Masyarakat bisa berperan menjadi salah satu wartawan kalurahan. Perannya dalam menyebar informasi dan mencerahkan masyarakat, dituntut untuk bisa membaur dengan lembaga kalurahan maupun masyarakat. Hal tersebut disampaikan oleh Suripto, Ketua Forum Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Sembada yang menggelar Rapat Koordinasi (rakor) KIM se-Kabupaten Sleman. KIM Kapanewon Depok menjadi tuan rumah dalam pertemuan bulanan tersebut di Gedung Pertemuan Sasana Anglocita Tama, Sabtu (9/1/2021) sekitar pukul 09.00.

“Identitas seperti seragam, tanda pengenal menjadi penting sehingga kita masuk ke Kalurahan untuk mencari informasi, menyebarkannya kepada masyarakat dan atau membuat artikel berita yang bermanfaat bagi masyarakat, “ papar Suripto yang juga aktif di KIM Kapanewon Ngaglik.

Lebih lanjut Suripto berharap anggota KIM yang belum aktif, bisa revitalisasi ataupun regenerasi. “Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga sudah disusun, ada Perbup-nya juga, monggo dilaksanakan, ” imbuhnya.

Sementara itu Yudiarto Setiawan, Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten Sleman yang turut hadir menyampaikan bahwa saat ini akan diterapkan Pengetatan Terbatas Kegiatan Masyarakat sesuai Instrukti Bupati Sleman dan Instruksi Gubernur DIY. Anggota KIM bisa menyebarluaskan informasi tersebut.

“Pengaturan WFH, pembatasan jam operasional pusat berbelanjaan, dan penghentian kegiatan masyarakat yang menyebabkan kerumunan, ” tutur Yudi.

Terkait dengan kegiatan 2021, Dinas Kominfo tetap mengupayakan fasilitasi kegiatan Forum KIM Sembada meskipun di tengah keterbatasan anggaran akibat pandemi covid. “Mohon maaf sekretariat KIM belum bisa kembali dimanfaatkan karena sedang dipakai untuk keperluan penanganan covid19.”

Andri Afriyanto, Staf Jawatan Sosial Kapanewon Depok yang hadir dalam rakor tersebut menyampaikan peran KIM sebagai penyebar informasi. Diharapkan anggota KIM bisa aktif menjadi mitra humas pemerintah.

“Informasi dari pemerintah, silakan disharing. Kalau ada berita atau isu, silakan dicek dulu ke situs resminya, cari data pembanding, jangan sampai ikut menyebar hoax atau ujaran kebencian, ” tandasnya.

Pertemuan bulanan ini selain berfungsi untuk ajang silaturahmi, juga mengevaluasi dan merencanakan kegiatan yang sudah berjalan maupun yang akan dilaksanakan. Selain itu juga sebagai ajang penjaringan aspirasi dari masing-masing anggota KIM setiap Kapanewon.

 

Please follow and like us:
About admin 888 Articles
Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


*