Keterbukaan Informasi di Kapanewon Depok Raih Klasifikasi Informatif

Memperoleh nilai 91,53 dalam monitoring dan evaluasi Keterbukaan Informasi Publik bagi Badan Publik se-DIY, Komisi Informasi Daerah (KID) Provinsi DIY menobatkan Kapanewon Depok sebagai Badan Publik dengan klasifikasi Informatif. Nilai tersebut berada urutan ketiga kategori Kecamatan se-DIY. Sementara posisi pertama diraih Kapanewon Nanggulan Kulon Progo dengan nilai 93,71, Kapanewon Moyudan Sleman diposisi kedua dengan nilai 93,65. Sementara di posisi keempat untuk klasifikasi Informatif diraih oleh Kapanewon Kalibawang Kulon Progo dengan nilai 90,36.

Untuk meningkatkan layanan keterbukaan informasi publik, Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sleman mengadakan Seminar dan Penyerahan Hasil Monitoring Evaluasi KID DIY tahun 2020, Jumat (19/2/2020). Bertempat di Ruang Rapat Lt. 3 Sekretariat Daerah Sleman, acara ini mendatangkan langsung Komisioner Komisi Informasi Daerah (KID) Yogyakarta, Rudy Nurhandoko sebagai narasumber. Selain itu, hadir juga Plt. Asisten Sekretaris Daerah Bidang Administrasi Umum Kabupaten Sleman, Kunto Riyadi, dan Kepala Dinas Kominfo Sleman, Eka Suryo Prihantoro.

Kunto Riyadi dalam sambutannya sebelum acara menyatakan bahwa keterbukaan informasi publik pada saat ini sangat penting posisinya. “Karena sekarang masyarakat sudah melek informasi, dulu informasi kita simpan di laci meja saja, sekarang informasi sudah begitu terbuka, dibagikan karena sudah menjadi hak mereka,” ungkapnya.

Sehingga ia berharap agar setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sleman dapat menjadi lebih informatif dalam menyediakan informasi kepada publik. “Terutama di OPD kapanewon, tidak harus sempurna, yang penting dapat menyampaikan dan menyediakan informasi kepada masyarakat,” jelas Kunto.

Sementara itu, Eka Suryo Prihantoro, Kepala Dinas Kominfo Sleman menyampaikan bahwa Pemkab Sleman melalui Dinas Kominfo telah melakukan beberapa inovasi untuk mendukung keterbukaan informasi publik, antara lain dengan penerapan Aplikasi E-PPID untuk pelayanan permohonan informasi publik yang murah, cepat dan terdokumentasi.

Selain itu, Dinas Kominfo juga rutin melakukan evaluasi terhadap website perangkat daerah mengenai ketersediaan informasinya. “Jadi yang dievaluasi adalah websitenya, bukan medsos,” ungkap Eka.

Sementara itu, Rudy Nurhandoko, Komisioner KID DIY menyebutkan bahwa pelayanan informasi yang baik itu dapat dilihat dari kesiapan badan publik dalam menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. “Misalnya uji akses informasi melalui permintaan informasi dari email, apakah badan publik tersebut bisa menyediakan informasinya secara tepat waktu sesuai dengan ketentuannya,” ungkap Rudy

Ia menyapaikan bahwa KID melakukan penilaian salah satunya dari uji akses ini, selain dari Self Assessment Questionnaire (SAQ), dan penilaian website, “Setiap badan publik itu sama penilaiannya melalui tiga tahap ini,” jelasnya.

Rudy juga menegaskan bahwa, untuk memastikan kualitas penilaian, KID menggandeng beberapa pihak yang terdiri dari Perguruan Tinggi yang ada di DIY dan juga LSM. “Kami berusaha untuk melibatkan masyarakat sipil untuk terlibat dalam penilaian,” ungkapnya lagi.

Pada acara tersebut, juga diberikan penghargaan bagi beberapa badan publik di Kabupaten Sleman, yang meraih predikat sebagai badan publik informatif dan menuju informatif. Untuk badan publik yang masuk kategori informatif ada 6, yaitu Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman, Kapanewon Moyudan dan Kapanewon Depok.

Sementara badan publik yang masuk kategori menuju informatif yaitu PPID Pemkab Sleman, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Kebudayaan, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Badan Keuangan dan Aset Daerah, Inspektorat Kabupaten Sleman, Kapanewon Mlati, dan Kapanewon Godean.

Sumber : Kominfo Sleman

Please follow and like us:
About admin 953 Articles
Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


*