Kemah Penggalang se – Kecamatan Depok

Perkemahan Bakti Pertiwi Se-Kecamatan DepokSebagai bentuk realisasi program kerja Kwartir Ranting Gerakan Pramuka di Kecamatan Depok dan dalam rangka menerapkan ilmu dan teknik kepramukaan untuk Penggalang Kelas 6 SD, maka pada hari Jumat, 11 Januari 2013 bertempat di Gelanggang Pemuda, Tlogohadi, Mlati, Sleman diadakan Kemah Penggalang usia Kelas 6 SD se – Kecamatan Depok.

Acara ini diprakasai oleh Kwaran 417 Kecamatan Depok bekerja sama dengan Dewan Saka Bhayangkara dan Saka Bakti Husada. Diikuti oleh sekitar 1040 Penggalang dari 54  SD Se – Kecamatan Depok. Selain melatih kemandirian sejak dini, tujuan selanjutnya adalah melatih kerja sama dan menggali kreativitas anak – anak di bidang seni budaya.

Kemah Galang ini diselenggarakan selama tiga hari dua malam, mulai Jumat, 11 Januari 2013 sampai dengan Minggu, 13 Januari 2013.  Dibuka langsung oleh Ketua Majelis Pembimbing Kwartir Ranting Depok Drs. Krido Suprayitno, S.E., M.Si. sekitar pukul 15.30. Dalam sambutannya, Kamabiran berharap agar minimal 30 % dari total SD yang berada di wilayah Kecamatan Depok agar memasukkan kegiatan kepramukaan dalam kurikulum atau ekstrakurikuler wajib di setiap Sekolah Dasar. Pasalnya, sekarang sudah ada Undang – Undang Kepramukaan dan Kecamatan Depok bisa menjadi percontohan dalam hal kepramukaan.

“Karena kegiatan kemah bersama ini baru kali pertama digelar, saya juga berharap agar kegiatan serupa diadakan lagi tahun depan sehingga berkelanjutan dan menjadi kegiatan rutin tahunan”, tambahnya.

Kegiatan Kemah Galang ini juga bertujuan untuk mengenalkan alam lingkungan dan mengajak Penggalang agar lebih mencintai lingkungan. Mengusung kegiatan “Lomba Galang Abdi Pertiwi” kegiatan Kemah Galang ini juga diharapkan agar Penggalang bisa belajar bersaing secara jujur dan kompetitif mengingat dalam waktu 3 (tiga) hari, para peserta mengikuti banyak kegiatan yang dilombakan. (/and)

Foto: Dokumentasi Kwaran Depok

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


*