Keluarga Berduka, Desa Siaga. Inovasi Pelayanan Akta Kematian

Program LUKADESI (keluarga berduka desa siaga) adalah salah satu inovasi pelayanan akta kematian dengan mensinergikan pelayanan di Dinas Dukcapil Kabupaten Sleman dengan Pemerintah Desa. Bagi masyarakat Kabupaten Sleman yang meninggal dunia, maka pada saat upacara pemakamannya akan disampaikan kutipan akta kematian oleh perangkat desa. Hal ini merupakan wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Sleman kepada masyarakat yang sedang berduka.

Program LUKADESI telah diikuti oleh 70 desa, masyarakat yang anggota keluarganya meninggal maka cukup melaporkan ke Pemerintah Desa, petugas dari Desa kemudian yang meneruskan kepengurusannya ke Dinas Dukcapil dan menyerahkan kutipan akta kematian kepada keluarga duka.

Program ini telah dilaksanakan sejak tahun 2017 dan banyak mendapat dukungan dari warga masyarakat. Di lingkup desa, sudah ditunjuk petugas register desa dan petugas lukadesi yang memfasilitasi permohonan Lukadesi. Diharapkan dengan kesadaran yang dibangun dari Dinas dan Desa, pelayanan akta kematian menjadi lebih cepat, memangkas waktu dan biaya serta pelayanannya gratis. Adapun kriteria yang dapat diberikan pelayanan Lukadesi ini adalah Desa yang sudah bekerja sama dengan Dinas, kematian tidak melebihi 30hari/tidak terlambat.

Lukadesi sendiri merupakan inovasi yang diinisiasi oleh salah satu desa di Kecamatan Cangkringan yang kemudian diduplikasi di wilayah Kabupaten Sleman. Inovasi ini merupakan bentuk Integrasi Dokumen Layanan Adminduk (Idola). Selain mendapatkan akta kematian, pemohon juga akan langsung diterbitkan Kartu Keluarga dan KTP-el bagi suami/isteri yang ditinggal meninggal dengan adanya perubahan status perkawinan menjadi cerai mati.

LUKADESI UNTUK MASYARAKAT SLEMAN

Please follow and like us:

Recommended For You

About the Author: admin

Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*