Kegiatan PUPM 2018 Direalisasikan Tahun ini, Kecamatan Lakukan Verifikasi Lapangan

Usulan kegiatan yang bersumber dari Pagu Usulan Partisipasi Masyarakat (PUPM) 2018 untuk kegiatan 2019 tinggal direalisasikan. Untuk memberikan gambaran nyata terhadap kegiatan yang akan dilaksanakan, Kecamatan Depok melakukan verifikasi langsung ke lokasi yang akan menjadi sasaran kegiatan. Camat Depok Abu Bakar bersama Tim Verifikasi Lapangan, Kepala Seksi Perekonomian dan Pembangunan Kecamatan Depok terjun langsung ke lokasi selama dua hari, yakni Rabu dan Kamis 23-24 Januari 2019.

Hari pertama tinjau lokasi dilakukan di wilayah Desa Condongcatur dan Maguwoharjo. Adapun lokasi pertama yang dituju adalah Green Kayen di Padukuhan Kayen. Tim didampingi Kepala Seksi Kesejahteraan Desa Condongcatur Murgiyanta. Tak lama kemudian setelah tim tiba, Kepala Desa Condongcatur membersamai tim ke lokasi. Rencananya, kawasan Tanah Kas Desa di Padukuhan Kayen tersebut akan dibangun wahana permainan air yang memanfaatkan potensi Kali Boyong yang dilengkapi berbagai sarana dan fasilitas publik. Namun salah satu persyaratan untuk dapat diberikan fasilitasi penguatan kelembagaan dalam PUPM ini antara lain sudah terbentuk kelompok yang bertanggung jawab dalam pengelolaan ekowisata tersebut.

Salah satu realisasi PUPM adalah pemberdayaan fisik dengan kelompok sasarannya yaitu pengurus Green Kayen.

“Kelembagaannya sudah terbentuk, namun masih belum aktif sehingga mulai tahun ini akan kita dorong lagi”, ujar Reno Candra Sangaji, Kades Condongcatur. Selanjutnya beliau memperlihatkan desain penataan kawasan Green Kayen sembari menunjukkan titik-titik lokasi yang akan dibangun di area seluas 7.548 meter persegi tersebut. “Pohon bambu ini tetap akan kita pertahankan”, tambahnya.

Selanjutnya tim melanjutkan cek lokasi kedua di Jalan Anggajaya 2 yang rencananya akan ditingkatkan kapasitasnya mengingat aspal jalan sudah banyak yang berlubang. Bergeser ke sisi timur Balai Desa Condongcatur, tim kemudian mengecek Jalan Anggajaya 1 yang akan dibangun drainase saluran air hujan. Selepas itu, tim mengunjungi tempat bermain anak yang akan mendukung RW Ramah Anak di Padukuhan Ngringin dan diakhiri dengan mengecek rencana revitalisasi drainase di Jalan Ringin Raya di Padukuhan Ngringin.

Beberapa kali Camat Depok mengklarifikasi kepada Kasi Kesejahteraan Condongcatur terkait volume, luas, dan rencana anggaran, serta alasan mengapa itu diusulkan.

“Ini menggunakan Tanah Kas Desa ya, Pak Mur?”, Tanya Camat Depok saat meninjau taman ramah anak di samping Balai Padukuhan Ngringin yang juga sedang dalam proses pembangunan.

Usai meninjau wilayah Desa Condongcatur, Tim Kecamatan Depok langsung melanjutkan peninjauan lokasi di wilayah Desa Maguwoharjo yakni pembangunan drainase di Padukuhan Krodan, pembangunan jembatan Sopalan Meguwo dan revitalisasi pembangunan drainase Jalan Tajem Kadisoka. Peninjauan lokasi diakhiri di wilayah Padukuhan Tajem, Maguwoharjo.

Please follow and like us:

Recommended For You

About the Author: admin

Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*