Kado Untuk Dilan

Sebagai perwujudan elemen Sleman Smart Regency yaitu Smart Economy, Smart Living dan Smart Governance diterapkan dalam pelayanan Kendaraan Antar Dokumen Untuk Difabel dan Lansia atau Kado Untuk Dilan. Pelayanan ini merupakan upaya Kecamatan Depok memfasilitasi pengantaran dokumen yang sudah jadi kepada kelompok sasaran seperti Difabel, Lansia, dan KK miskin, serta pengembangan ke depan untuk korban bencana yang kehilangan dokumen kependudukan. Hal tersebut merupakan pemenuhan kewajiban Kecamatan Depok sebagai penyelenggara pelayanan publik untuk menyediakan sarana, prasarana, dan/atau fasilitas pelayanan publik yang mendukung terciptanya iklim pelayanan yang memadai (Pasal 15 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Kado Untuk Dilan dioperasionalkan oleh Petugas yang disebut Si Pa’De (Si Pengantar Dokumen). Maskot Si Pa’de adalah Tokoh Laki-Laki Jawa dengan mengenakan kelengkapan pakaian Jawa dan memegang ponsel cerdas (smartphone). Alat-alat tersebut merupakan sarana bergerak yang digunakan dalam Kado Untuk Dilan.

Pelayanan Kado Untuk Dilan ini telah diluncurkan (soft launching) pada hari Kamis Pon,  27 Februari 2020 oleh Bupati Sleman di Gedung Pertemuan Sasana Anglocita Tama Kecamatan Depok bersamaan dengan soft launching aplikasi SIPATEN.

Mekanisme Layanan

Pemohon mengajukan dokumen kependudukan seperti biasa secara tatap muka. Petugas penerimaan berkas akan mengecek kelengkapan dan kebenaran berkas. Jika Kepala Keluarga masuk kategori kelompok sasaran dan atau ada pemohon KTP-el yang masuk kriteria juga, maka petugas akan memberikan layanan tersebut. Nantinya pemohon akan diberi tahu pengiriman dokumen ketika sudah selesai diproses. Si Pa’De akan meluncur ke rumah pemohon untuk mengantarkan dokumen yang sudah jadi mengenakan jaket, helm dan kendaraan roda dua bermaskot Si Pa’De dan atribut Kado Untuk Dilan. Setelah pemohon menerima dokumen, Si Pa’De akan meminta pemohon untuk menandatangani berita acara.

Please follow and like us:
About admin 818 Articles
Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


*