Implementasikan Keistimewaan DIY, Lurah se-Kabupaten Sleman Dilantik Bupati Sleman

Sebagai implementasi Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan DIY dalam hal pemerintahan, Bupati Sleman melantik Kepala Desa dan Penjabat Kepala Desa menjadi Lurah dan Penjabat Lurah. Jalannya pelantikan dilaksanakan Kamis (22/10/2020) sekitar pukul 09.00 di Gedung Pracimosono Kompleks Kepatihan DIY yang diikuti oleh perwakilan lima lurah. Salah satunya Lurah Maguwoharjo H. Imindi Kasmiyanta.

Sementara itu, lurah yang lain termasuk Penjabat Lurah Caturtungal dan Lurah Condongcatur mengikuti pelantikan secara daring di Gedung Pertemuan Sasana Anglocita Tama Kapanewon Depok. Pelantikan daring se-Kapanewon Depok ini dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan seperti 3 Kapolsek dan Danramil 11 Depok, Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua BPD, dan jajaran Kapanewon Depok. Selama pelantikan baik di Kapanewon Depok maupun di Pracimosono tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid19.

Kelima Lurah yang mengikuti langsung di Pracimosono diambil sumpahnya oleh Bupati Sleman Sri Purnomo didampingi rohaniawan. Diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Bupati Sleman Nomor 70/Kep.KDH/A/2020 s.d nomor 70.85/Kep.KDH/A/2020 tentang Perubahan Jabatan Kepala Desa menjadi Lurah dan Perubahan Jabatan Penjabat Kepala Desa menjadi Penjabat Lurah.

Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan yang disaksikan pula oleh para saksi seperti Joko Supriyanto dari Kepala Pelaksana BPBD dan Budiharjo dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan Sleman.

“Setelah mendapatkan izin dari Mendagri perihal nomenklatur kelembagaan di tingkat Kabupaten/Kota maupun Kalurahan, akhirnya nomenklatur bisa diganti sesuai dengan kearifan lokal yang ada, termasuk Kalurahan,” ujar Sri Purnomo saat memberikan sambutan setelah melantik para lurah secara simbolis.

Penggunaan nomenklatur Kalurahan dan jabatan Lurah ini berlaku sejak dilantik yakni 22 Oktober 2020. Lebih lanjut Sri Purnomo berharap pasca pelantikan ini kalurahan dapat menjadi lebih maju dalam pemerintahan dan meningkatnya kualitas pelayanan publik. Diharapkan pula dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayahnya terlebih penurunan angka kemiskinan.

 

Please follow and like us:
About admin 866 Articles
Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


*