Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Rusak Sejumlah Sarpras

Cuaca ekstrem yang menyebabkan hujan disertai angin kencang dilaporkan merusak sejumlah bangunan, merobohkan papan reklame dan pohon pada beberapa titik di Kalurahan Condongcatur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Minggu (4/4/2021).

Di Jalan Affandi beberapa papan reklame roboh tertiup angin kencang, selain itu dilaporkan di beberapa padukuhan terjadi pohon tumbang, rumah rusak, genteng yang melorot dan berterbangan, termasuk di Kantor Kalurahan Condongcatur beberapa fasilitas juga rusak akibat hujan deras disertai angin kencang ini.

Menurut Jagabaya Kalurahan Condongcatur, Kuwat, hujan pada Minggu sore sangat lebat disertai angin kencang. “Di kompleks Kantor Kalurahan Condongcatur dilintasi angin ribut (lesus) sehingga banyak genteng bangunan gedung-gedung yang terbawa angin yang mengakibatkan plafon gypsum di ruang Wacana Loka mengalami kerusakan,” terang Kuwat.

Selain itu, dari hasil pendataan singkat diketahui kerusakan lainnya adalah genteng pendopo kalurahan yang melorot dan terbawa angin, genteng gedung serbaguna terbawa angin, satu rangka papan baliho roboh, papan nama kalurahan rusak, dan tiang bendera roboh.

Setelah hujan reda pamong kalurahan bersama relawan Desa Tangguh Bencana (Destana) Condongcatur langsung membersihkan pecahan genteng dan gypsum dan gotong royong mengganti genteng ruang Wacana Loka yang terbawa angin, sementara untuk pendopo dan gedung serbaguna dan lainnya akan dilakukan besok Senin.

Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji telah menginstruksikan Dukuh untuk mendata dan melaporkan kerusakan kerusakan akibat hujan deras disertai angin kencang ini dan Destana akan melakukan pendampingan dalam penanganannya.

Di beberapa padukuhan, usai hujan reda warga langsung melakukan gotong royong di wilayahnya masing-masing untuk membersihkan pohon tumbang.

Di kawasan Condongcatur, dilaporkan juga papan reklame jatuh menimpa mobil yang terparkir di pelataran hotel. Di Jalan Anggajaya ada bangunan baru cafe dan warung yang miring tertiup angin kencang, dan papan nama toko yang jatuh terbawa angin. Sementara itu listrik di beberapa tempat juga dilaporkan mati.

Sementara itu, berdasarkan laporan di lapangan beberapa pohon juga menimpa pagar, rumah, dan sejumlah fasilitas publik lainnya. Seperti di kawasan Taman Keluarga Kompleks Kantor Kapapewon Depok, ada pohon patah. Bahkan tiang bendera di selatan Pendopo Kapanewon Depok juga patah dan menimpa sebuah minibus yang terparkir. Begitu juga pohon di selatan simpang 3 UIN yang menimpa atap parkiran.

(Wasana/Andri)

Please follow and like us:
About admin 931 Articles
Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


*