Dukung Program Pemerintah, ASN Kapanewon Depok Ikuti Vaksinasi

Guna mendukung program pemerintah dalam kegiatan vaksinasi covid-19 agar tercipta kekebalan komunitas, ASN di lingkungan Kapanewon Depok mengikuti vaksinasi di Puskesmas Depok 2. Hari pertama vaksinasi, Rabu, 4/3/2021 vaksinasi tahap kedua dari unsur petugas publik seperti PNS, PHL, Petugas Kebersihan, Petugas Keamanan, Pendamping PKH dan Pendamping Desa serta Pamong Kalurahan Condongcatur mengikuti vaksinasi. Sebelumnya calon peserta diminta untuk mengisi formulir daring di situs daftarvaksin.slemankab.go.id

Usai mengisi, saat di lokasi tempat vaksinasi, seluruh peserta diminta mengisi formulir dan skrining ataupun riwayat kesehatan. Kemudian secara bergiliran di cek kesehatannya seperti tinggi badan, berat badan, tekanan darah, dan kadar gula. Jika ada yang tidak normal, maka akan ditentukan apakah ditunda maupun dinyatakan tidak bisa divaksin. Misalnya tekanan darah tinggi, maka diminta untuk menunda divaksin.

Aris Widiantara, Kepala Jawatan Keamanan Kapanewon Depok harus ditunda disuntik vaksin lantaran tensinya tinggi.

“Tensi saya 170, harus ditunda minggu depan, ” ujarnya.

Kondisi serupa juga dialami beberapa karyawan Kapanewon Depok dan Kalurahan Condongcatur yang harus ditunda karena kondisi kesehatan yang kurang stabil. Beberapa diantaranya harus konsultasi ke rumah sakit lantaran memiliki riwayat penyaki penyerta/komorbid.

“Ditargetkan 40 peserta mengikuti vaksin bagi petugas publik hari ini, “ ujar Sri Mujianto Kepala Puskesmas Depok 2.

Usai divaksin, peserta diminta untuk menunggu sekitar 30 menit untuk dipantau apakah terjadi kejadian ikutan pasca imunisasi. Jika tidak ada gejala yang signifikan, maka peserta diberikan kartu imunisasi vaksin.

“Dua minggu lagi, sekitar tanggal 17 akan dilakukan vaksinasi kedua, karena suntikan vaksin yang kedua inilah imun tubuh terbentuk lebih baik, “ tambah Sri.

Sementara itu, ketika ditanya apa efek yang dirasakan, rata-rata merasakan pegal di lengan, sedikit panas, atau meriang. Hal tersebut seperti yang diutarakan oleh Rodli, salah satu karyawan Kapanewon Depok.

“Ini lengan saya pegal, tapi normal katanya, “ ujarnya.

Sementara itu, Norhalidah Hanom menyampaikan bahwa tidak merasakan sesuatu yang berarti.

“ Biasa saja, tidak merasa apa-apa, “ tuturnya.

Proses vaksinasi bagi karyawan Kapanewon dan Kalurahan Condongcatur ini diharapkan dapat selesai dalam waktu 2 hari. Menyusul berikutnya untuk para lansia dan kader kesehatan di lingkungan Kalurahan Condongcatur.

“Saat ini kami sedang melatih para kader untuk membantu pendaftaran vaksinasi bagi lansia dan kloter berikutnya mereka adalah sasarannya. Saya harap setelah divaksin tetap disiplin menerapkan 5M “ pungkas Sri.

Please follow and like us:
About admin 931 Articles
Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


*