Bangkitkan Ekonomi di Tengah Pandemi, Kapanewon Depok Gelar Festival Angkringan, Festival Produk Unggulan KWT dan Forkom UKM

Bersamaan dengan peresmian Gedung Sasana Kapti, Kantor Sekber Relawan, dan Taman Keluarga oleh Bupati Sleman Sri Purnomo, Kapanewon Depok juga menggelar Festival Angkringan, Festival Produk Unggulan KWT dan Forkom UKM di halaman Kapanewon Depok.

Jalannya acara dan festival yang digelar Selasa, (17/11/2020) tersebut tetap mematuhi protokol kesehatn pencegahan penyebaran covid19 yaitu pengukuran suhu tubuh sebelum masuk, mencuci tangan/menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak antar peserta, dan memakai masker. Meskipun  tidak seramai tahun lalu karena undangan dibatasi, Kapanewon tetap mengundang mitra kerja terkait secara terjadwal untuk mengurangi kerumunan.

“Tujuan kami menggelar festival ini adalah untuk mengakomodir Kelompok Wanita Tani, pelaku usaha angkringan dan pelaku UKM”, jelas Panewu Depok Abu Bakar.

Festival angkringan diikuti oleh 10 angkringan yang merupakan binaan Kapanewon Depok serta Kalurahan. Kalurahan Condongcatur mengirimkan 4 angkringan, Kalurahan Maguwoharjo 3 angkringan, dan diikuti 3 angkringan dari Kalurahan Caturtunggal. Sementara itu, pengelola KWT se-Kapanewon Depok melebur menjadi satu menjadi perwakilan 3 kalurahan.

Selain itu Kapanewon Depok juga ingin membangkitkan perekonomian masyarakat, terlebih di tengah pandemi ini. Pembinaan KWT, Angkringan, dan Forkom UKM yang selama ini dilakukan oleh Jawatan Kemakmuran, Kalurahan, para penyuluh dan kader, difasilitasi di dalam festival ini.

“Saya nyatakan dibuka Festival Angkringan, Festival Produk Unggulan KWT dan Forkom UKM, masyarakat bisa mencicipi produk-produk yang sudah dipamerkan”, ujar Sri Purnomo saat membuka festival secara resmi usai meninjau Taman Keluarga yang baru saja diresmikan.

Para hadirin bisa membawa pulang produk unggulan KWT. Namun untuk hidangan angkringan harus dimakan ditempat.

“Sesuai kesepakatan dengan pelaku angkringan, pengelola angkringan tidak boleh menyediakan plastik kresek”, imbau Isti Fajaroh Kepala Jawatan Kemakmuran Kapanewon Depok.

Dalam festival angkringan ini, para peserta dinilai oleh 3 orang dewan juri dari praktisi kuliner Hotel Grand Tjokro dan UNY. Diambil dua kategori pemenang yaitu kategori rasa dan kategori penyadian, dengan masing-masing kategori diambil 3 kejuaraan. Para juara mendapatkan piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan senilai Rp 600.000,00 untuk juara I, diikuti Juara II dengan nominal Rp 500.000,00 dan di juara III diberikan uang pembinaan sebesar Rp 400.000,00.

Adapun hasil kejuaraan Festival Angkringan 2020 adalah sebagai berikut :

Please follow and like us:
About admin 888 Articles
Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


*