Balai Penyuluhan Keluarga Berencana Harmoni Gelar Pelayanan KB Serentak

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar Pelayanan Keluarga Berencana (KB) Sejuta Akseptor secara serentak se-Indonesia. Pelayanan KB ini serentak digelar Kamis, (24/06/2021) dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-28 Tahun 2021.

“Selain dalam rangka memperingati Harganas Tahun 2021, kegiatan pelayanan KB serentak ini juga dalam rangka mendukung Program Keluarga Keren Cegah Stunting, “ tutur Siti Juwariyah, Koordinator Balai Penyuluhan KB “Harmoni” Kapanewon Depok.

Pelayanan KB di Kapanewon Depok ini merupakan rangkaian peringatan Harganas yang sudah dimulai sejak tanggal 20 Juni 2021. Setidaknya ada 15 fasilitas kesehatan turut serta dalam menyukseskan kegiatan ini. Faskes-faskes tersebut melayani pemasangan KB Spiral atau Intrauterine Device (IUD), metode Tubektomi atau Metode Operasi Wanita/ MOW), KB Implant, Pil dan kondom.

“Seluruh layanan ini gratis, untuk pelayanan KB IUD di RS KIA Sadewa dilayani tanggal 20, 21 dan 24 Juni 2021. Dari 43 peserta yang mendaftar sudah terlayani 37 orang”, jelas Ari, panggilan akrab Siti Juwariyah.

Lebih lanjut Ari menyampaikan bahwa untuk pelayanan KB MOW dilaksanakan tanggal 23 dan 24 Juni 2021 dengan jumlah peserta 11 orang. Khusus pelayanan KB MOW ini, satu hari sebelum  pelaksanaan harus menjalani cek darah dan swab antigen di RS KIA Sadewa.

“Sementara untuk KB Implant, dilayani di Bidan Praktik Mandiri (BPM) Dini Melani, tanggal 24 Juni dengan peserta 27 orang.” (Andri Afriyanto, KIM Depok)

Please follow and like us:
About admin 975 Articles
Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


*