Akhirnya PPID Desa se-Kecamatan Depok Terbentuk

Akhirnya PPID Desa se-Kecamatan Depok Terbentuk

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Desa se-Kecamatan Depok akhirnya terbentuk. Setelah terbit Surat Keputusan Kepala Desa di masing-masing Desa, akhirnya secara resmi PPID Desa dan Petugas Layanan Informasi dan Dokumentasi Desa (PLID) dikukuhkan secara serentak oleh Ketua Komisi Informasi Daerah (KID) Daerah Istimewa Yogyakarta H. R. Moh. Hasyim, S.H.,M.Hum.

Acara pengukuhan berlangsung pada hari Rabu, 12 Februari 2020 sekitar pukul 09.30 di Gedung Pertemuan Sasana Anglocita Tama Kecamatan Depok. Acara tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika, Sekretaris Kecamatan Depok selaku PPID Pembantu, Anggota Komisioner yang juga Koordinator Bidang Kelembagaan KID DIY Ir. R. Rudy Nurhandoko, M.Si. beserta jajaran, serta Perangkat Desa.

“Saya Ketua Komisi Informasi Daerah DIY, mengukuhkan secara resmi saudara-saudari sebagai Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Desa serta Petugas Layanan Informasi dan Dokumentasi Desa se – Kecamatan Depok”, tutur Hasyim, Ketua KID DIY saat membacakan naskah pengukuhan PPID Desa.

Usai mengukuhkan, Hasyim secara simbolis menyerahkan SK Kepala Desa kepada masing-masing PPID Desa. Diikuti oleh Wakhid Basroni yang juga menyerahkan secara simbolis kelengkapan administrasi PPID Desa berupa formulir permohonan informasi, buku register permohonan informasi, formulir keberatan, buku register keberatan dan stiker arah penunjuk PPID.

Dalam sambutan sekaligus arahannya, Hasyim menyampaikan bahwa PPID Desa ini merupakan amanah Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik.

“Desa wajib mengumumkan, menyediakan dan memperbaharui daftar informasi yang wajib disediakan setiap saat, berkala dan serta merta”, jelasnya.

Usai arahan Ketua KID DIY, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Rudy Nurhandoko yang menyampaikan materi tentang PPID Desa, Langkah Awal Keterbukaan Informasi di Lingkup Desa dan materi kedua oleh Purwati, S.H.,MM. Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman yang menyampaikan materi tentang Manajemen PPID Desa dan PLID Desa. Usai pemateri memaparkan materinya, para PPID dan PLID diberi kesempatan untuk diskusi tanya jawab.

 

Please follow and like us:
About admin 818 Articles
Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


*