976 Keluarga Terima Bantuan Sosial Pangan

Sebanyak 976 keluarga Kelompok Penerima Manfaat akan menerima Bantuan Sosial Pangan (BSP) dari Kementerian Sosial melalui Dinas Sosial Kabupaten Sleman.

Sementara di tingkat Kabupaten Sleman, penyerahan secara simbolis diberikan oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo didampingi Kepala Dinas Sosial Eko Suhargono yang dilaksanakan di wilayah Kapanewon Turi, Senin (26/07/2021) dan diikuti secara bertahap di seluruh Kapanewon.

Dilansir dari Humas Sleman, Kustini berharap dengan adanya BSP ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Ini merupakan bentuk perhatian dan upaya Pemerintah dalam meringankan kaluarga kurang mampu terdampak pandemi covid19,” jelas Kustini.

BSP tersebut diwujudkan dalam bentuk Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), yang merupakan perluasan dari KPM Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Untuk wilayah Kapanewon Depok disalurkan selama dua hari hingga 27 Juli 2021.

“BSP yang disalurkan yaitu sembako yang diwujudkan bahan makanan sumber karbohidrat, protein hewani, protein nabati dan sumber vitamin dan mineral,” tutur Ratna, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kapanewon Depok.

Ratna menjelaskan bahwa Kelompok Penerima Manfaat (KPM) memperoleh BSP yang di top up per bulan senilai Rp 200.000,00 yang akan ditransfer melalui Bank Mandiri.

Mekanisme penyalurannya sendiri bekerja sama dengan Pendamping PKH Kapanewon Depok dan agen E-warung yang ditunjuk oleh Bank Mandiri dan Dinas Sosial menunjuk TKSK dan Pendamping PKH sebagai mitra yang membantu kelancaran pendistribusian BSP.

“Kita menggandeng 10 agen E-Warung yang ada di wilayah Kapanewon Depok, dan penyalurannya dilakukan mulai dari pukul 08.00 sampai pukul 15.00,” ujar Yulian Adi, Koordinator Pendamping PKH Kapanewon Depok.

Yulian menjelaskan bahwa peran Pendamping PKH adalah membantu proses verifikasi kelengkapan berkas dan mengedukasi tentang penggunaan KKS.

“Mengingat BSP ini perluasan KPM, mayoritas calon KPM di luar PKH dan baru, ” imbuh Yulian.

Yovita, salah satu pendamping PKH mengatakan bahwa setiap harinya dia dan tim menyiapkan KKS yang akan disalurkan dan kelengkapan berkas bersama pihak bank.

“Adapun rincian penerima KKS sebanyak 359 KK dari Kalurahan Caturtunggal, 357 KK dari Kalurahan Maguwoharjo, dan 260 KK dari Kalurahan Condongcatur, ” papar Yovita.

Selain itu para PKH disebar di setiap agen E-Warung untuk membantu kelancaran pendistribusian KKS maupun sembako yang akan diterima KPM.

“Selama penyaluran, pihak Kapanewon Depok pun turut memantau jalannya distribusi BSP untuk memastikan kelancaran dan kepatuhan terhadap prokes covid-19, ” imbuh Yovita.

Please follow and like us:
About admin 983 Articles
Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


*