6 Jenis Vaksin Yang Digunakan Di Indonesia

Pemerintah Indonesia telah menetapkan 6 jenis vaksin Covid-19 yang akan digunakan untuk tahap vaksinasi di tengah pandemi virus Corona. Hal tersebut berdasarkan keputusan yang tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/9860/2020 tentang Penetapan Jenis Vaksin Untuk Pelaksanaan Vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

6 Jenis Vaksin yang Digunakan di Indonesia

Keenam vaksin tersebut diproduksi oleh perusahaan lokal dan internasional, yaitu Bio FarmaSinovacAstraZeneca, Sinopharm, Moderna, dan Pfizer. Vaksin tersebut masih dalam tahap pelaksanaan uji klinis tahap ketiga atau telah selesai uji klinis tahap ketiga.

Pelaksanaan vaksinasi hanya dapat dilakukan setelah mendapat izin edar atau persetujuan pengguna pada masa darurat atau emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Berikut 6 jenis vaksin Covid-19 di Indonesia:

  1. PT Bio Farma (Persero)

PT Bio Farma (Persero) merupakan produsen vaksin Covid-19 buatan dalam negeri. Setidaknya PT Bio Farma (Persero) memiliki dua jalur untuk pengadaan vaksinasi yang melibatkan perusahaan BUMN tersebut. Pertama, PT Bio Farma bekerja sama dengan Sinovac Biotech Ltd. Kedua, mengembangkan vaksin Merah Putih buatan dalam negeri

 

  1. Sinovac Biotech Ltd.

Vaksin virus Corona (COVID-19) buatan Sinovac Biotech sudah tiba di Indonesia, pada Minggu (6/12/2020), sekitar pukul 21.30 WIB dibawa dengan pesawat Boeing 777-300ER dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta.Total ada sebanyak 1,2 juta dosis vaksin buatan Sinovac.

 

  1. AstraZeneca

Uji coba yang dilakukan AstraZeneca dan Universitas Oxford menunjukkan vaksin virus corona produksinya memiliki keefektifan rata-rata 70 persen. Saat ini uji coba pada 20.000 sukarelawan masih berlanjut.

 

  1. Moderna

Vaksin virus corona yang diproduksi Moderna telah diklaim memiliki efektivitas sebesar 94,5 persen. Saat ini, telah mengajukan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA).

 

  1. Sinopharm

Di China setidaknya sudah ada hampir satu juta orang yang disuntik menggunakan vaksin Covid-19 buatan Sinopharm, di bawah izin penggunaan darurat.

 

  1. Pfizer and BioNTech

Pfizer dan BioNTech telah mengajukan penggunaan darurat vaksin virus corona yang diproduksinya ke BPOM AS dan Eropa. Kandidat vaksin Pfizer-BioNTech, dari hasil uji coba terakhir pada 18 November, diklaim 95 persen efektif pada virus corona dan tidak menimbulkan risiko masalah keamanan.

Sumber : indonesiabaik.id

Please follow and like us:
About admin 888 Articles
Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


*