Wakili DIY, KWT Srikandi Maju Tingkat Nasional

Caturtunggal- Kelompok Wanita Tani (KWT) Srikandi Padukuhan Mrican Caturtunggal, maju dalam lomba Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Tim Penilai dari Kementerian Pertanian, Bapak Hasan berserta Tim, melakukan verifikasi dan penilaian kegiatan KWT Srikandi Mrican.

Kegiatan penilaian lomba KRPL tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Sosial, perwakilan dari Dinas Pertanian dan pangan provinsi DIY dan Kabupaten Sleman, perwakilan Kapanewon Depok, Penjabat Lurah Caturtunggal, Munadi, S.Sos, Plt Kasi Kesejahteraan Desa Caturtunggal, Dukuh Mrican, tokoh masyarakat sekitar dan seluruh anggota KWT Srikandi.

Munadi dalam sambutannya, menyampaikan dengan dipilihnya oleh Dinas Pertanian dan Pangan DIY, KWT Srikandi Mrican pada lomba KRPL tingkat nasional menjadi motivasi dalam pengembangan Kelompok Wanita Tani (KWT) yang ada di Desa Caturtunggal.

Ia juga menambahkan besuk (red:Kamis(24/09) juga akan dilakukan panen raya online bersama Menteri Pertanian, Ketua TP-PKK Provinsi, GKR Hemas, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan DIY, Kepala Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Kabupaten Sleman, dan Penjabat Kepala Desa Caturtunggal berserta warga Padukuhan Mrican.

Saiful Hadi, SP, M.Ling selaku pendamping KRPL dan koordinator PPL Kecamatan Depok menyatakan KRPL merupakan program yang diinisiasi oleh Kementan RI sebagai upaya pemanfaatan pekarangan atau lahan terbatas di sekitar rumah, yang dilakukan secara intensif untuk budidaya tanaman pangan seperti sayuran, buah-buahan, peternakan dan perikanan darat. Program itu diarahkan bagi kaum perempuan dan ibu rumah tangga agar lebih produktif dalam membantu kebutuhan pangan keluarga.

Dukuh Mrican, Sumarji, menjelaskan partisipasi masyarakat Padukuhan Mrican cukup bagus. Ia menambahkan persiapan menghadapi lomba KRPL tingkat nasional membuat semangat ibu-ibu anggota KWT Srikandi untuk melengkapi kekurangan, disamping itu juga menambah keakraban antara anggota karena lebih sering bertemu untuk koordinasi dan persiapan di lapangan.

Ia menyatakan bahwa penunjukan KWT Srikandi mewakili Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam lomba KRPL tingkat nasional merupakan sebuah kepercayaan besar yang tersemat di pundak seluruh pengurus dan anggota KWT Srikandi. “Amanah itu harus kami jaga dan akan kami kerjakan sebaik-baiknya,” tandasnya.

“Memang masih dalam skala rumah tangga. Namun harapannya akan terjadi kesinambungan ketersediaan pangan rumah tangga yang berkualitas dan beragam di Padukuhan Mrican. Alhamdulillah semua pihak pendukung sepenuhnya, baik dari Pemerintah Desa Caturtunggal, Kabupaten maupun Provinsi,” pungkas Sumarji.

Please follow and like us:
About admin 859 Articles
Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


*