2.293 Pelajar Ikuti Simulasi Manasik Haji

Maguwoharjo – Dalam rangka membentuk pelajar yang berkepribadian berlandaskan nilai-nilai agama, Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Pendidikan (UPT Yandik) bekerja sama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Depok menggelar Simulasi Manasik Haji. Kegiatan Manasik Haji ini diikuti pelajar SD, SMP, dan SMA Sederajat se-Kecamatan Depok, Sabtu (24/8).

Kegiatan ini juga didukung oleh jajaran Polsek Depok Timur, dan Koramil, PMI, dan Puskesmas Depok 1, 2, dan 3, serta tuan rumah UPT Stadion Maguwoharjo. Sejumlah kurang lebih 2.293 pelajar se-Kecamatan Depok mengikuti rangkaian rukun haji tersebut di Kompleks Stadian Maguwoharjo, Depok, Sleman. Acara dibuka dengan doa dan dilanjutkan pembacaan kalam ilahi oleh Sdr Wafa dari MTsN 9 Maguwoharjo.

Kepala UPT Pelayanan Pendidikan Muji menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari Instrukti Bupati Sleman Tentang Pelaksanaan Simulasi Manasik Haji se-Sleman.

“Selain itu juga didasari atas surat edaran bersama antara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman dan Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sleman”, papar Muji saat menyampaikan sambutan dan laporan pelaksanaan simulasi manasik haji.

“Karena ini merupakan kali pertama, para peserta ditarik iuran Rp 5.000 per anak. Untuk itu, harapan kami untuk tahun depan dapat diakomodir di APBD Sleman”, tambah Muji.

Camat Depok Abu Bakar mewakili Bupati Sleman memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi pelaksanaan simulasi manasik haji ini.

“Kegiatan ini dilaksanakan serentak di 17 kecamatan, saya berharap para calon jamaah haji (peserta, red) dapat mengikuti rukun dan sunah haji”, ujar Abu saat memberikan sambutan.

Usai dibuka oleh Camat Depok, acara pembukaan diakhiri dengan pembacaan doa oleh H. Jainudin, Kepala KUA Kecamatan Depok.

Jalannya simulasi manasik haji ini, para jamaah dibagi ke dalam 5 kloter. Secara bergiliran dan maraton, setiap kloter mengikuti jalannya rukun haji mengelilingi stadion dan sudah disediakan pos-pos pelaksanaan tempat haji. Mulai dari memakai pakaian ihram dan niat di Miqaat, lalu ke padang arafah. Di Arafah ini para jamaah melaksanakan dzikir dan sholat serta mendengarkan khutbah, kemudian dilanjut ke Musdzalifah dan bermalam di Mina.

Usai bermalam di Mina, para jamaah melakukan lempar jumrah. Lalu memasuki Kakbah untuk tawaf, sholat sunnah tawaf, minum air zamzam dan diakhiri dengan sa’i dari Safa ke Marwah. Secara umum pelaksanaan rangkaian simulasi manasik haji berjalan lancar.

Please follow and like us:

Recommended For You

About the Author: admin

Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*