Suket Perekaman kini bisa dilayani di Kecamatan Depok

Surat Keterangan Perekaman (Suket) manual yang selama ini dilayani di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman, kini bisa dilayani di Kecamatan. Pelaksanaan teknis pelayanan suket di Kecamatan Depok sudah dimulai sejak Selasa, 18 April 2017. Aplikasi pencetakan suket ini merupakan aplikasi yang dirilis oleh Dinas guna memfasilitasi pelayanan suket di Kecamatan. Harapannya adalah agar mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.
Persayaratan membuat suket sama dengan persyaratan membuat suket manual di Dinas. Bedanya pencetakannya bisa dilakukan di Kecamatan. Namun untuk penandatangan masih di Dinas, karena yang berwenanang mengeluarkan suket memang di Dinas.
Persyaratan mengurus suket :
1. FOTOKOPI 1 (SATU ) BERKAS PERMOHONAN KTP-el atau FOTOKOPI TANDA TERIMA & FOTOKOPI KK
2. PAS FOTO UKURAN 4X6 DG WARNA LATAR BELAKANG SESUAI KETENTUAN; TAHUN LAHIR GANJIL WARNA MERAH, TAHUN LAHIR GENAP BIRU (2 LEMBAR)
3. DATA PENDUDUK SESUAI PADA KARTU KELUARGA TERBARU
4. DATA KEPENDUDUKAN TIDAK GANDA DAN TIDAK TERTUTUP DI SIAK DAN SUDAH PEREKAMAN
Prosedur :
1. PEMOHON :
MEMASUKKAN BERKAS LENGKAP KE LOKET 1
2. PETUGAS LOKET 1 :
MENGECEK KELENGKAPAN BERKAS, MEREGISTER, MEMBERIKAN TANDA TERIMA
3. PETUGAS OPERATOR :
MEMPROSES BERKAS, MENGECEK ELEMEN BIODATA SESUAI KK, MENCETAK SUKET
4. PETUGAS KECAMATAN / KASI PELAYANAN UMUM :
MEMBERIKAN NOMOR SUKET PEREKAMAN DAN MENEMPEL FOTO, MEMBUBUHKAN PARAF, MENGIRIMKAN HASIL CETAK SUKET PEREKAMAN KE DINAS DUKCAPIL
5. DINAS DUKCAPIL KABUPATEN SLEMAN:
MEMBERIKAN TANDA TANGAN BASAH, MEMBUBUHKAN STEMPEL DINAS DUKCAPIL
6. PETUGAS KECAMATAN :
MENGAMBIL SUKET KE DINAS
7. PEMOHON : MENGAMBIL SUKET DI LOKET 3 SESUAI TANGGAL PENGAMBILAN

Masa berlaku suket tetap sama yaitu 6 (enam) bulan dan berfungsi sebagai pengganti KTP-el, mengingat hingga saat ini pencetakan KTP-el belum bisa dilakukan di Kecamatan. Hal tersebut dikarenakan ada pembaharuan aplikasi pencetakan dan perlu instalasi ulang. Sementara ini ujicoba pencetakan KTP-el dilakukan di Dinas. Pemerintah Kabupaten Sleman memang sudah menerima jatah blanko KTP-el sebanyak 10.ooo keping dan sudah didistribusikan di 17 Kecamatan, termasuk Kecamatan Depok. Prinsipnya jika sarana dan sistem sudah siap, proses pencetakan dilakukan sesuai urutan berkas masuk.

“Kami menerapkan sistem first in firs out (FIFO)”, kata Budiharjo, Camat Depok.

Perlu diinformasikan bahwa hingga saat ini, berkas permohonan KTP-el di Kecamatan Depok yang sudah tercetak baru sampai tanggal 22 September 2016. Nantinya jika sudah bisa mencetak sendiri lagi seperti semula, akan dilanjutkan pencetakan KTP-el mulai 23 September 2016. Sehingga diharapkan masyarakat tetap bersabar dan dimohon doanya agar pelayanan KTP-el segera normal. Pencetakan suket manual diharapkan menjadi solusi untuk mengganti KTP-el yang belum jadi.

Please follow and like us:

admin

Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

One thought on “Suket Perekaman kini bisa dilayani di Kecamatan Depok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*