Tupoksi

Berdasarkan Peraturan Bupati Sleman Nomor : 107 Tahun 2016 tanggal 5 Desember 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, serta Tata Kerja Kecamatan adalah  sebagai berikut :

–     Kecamatan  merupakan  wilayah kerja  camat  sebagai  perangkat  daerah yang dipimpin oleh Camat yang berada di  bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

–      Camat   mempunyai  tugas   melaksanakan   koordinasi  penyelenggaraan pemerintahan  umum,  pelayanan publik, dan pemberdayaan masyarakat serta  melaksanakan  sebagian  urusan  pemerintahan  yang dilimpahkan oleh Bupati.

–       Dalam menyelenggarakan tugas kecamatan mempunyai fungsi :

  1. penyusunan rencana kerja Kecamatan;
  2. perumusan  kebijakan   teknis   pelaksanaan   urusan   pemerintahan umum,     pelayanan     publik,     pemberdayaan     masyarakat,     dan pelaksanaan  sebagian urusan  pemerintahan  yang dilimpahkan oleh Bupati;
  3. pelaksanaan urusan pemerintahan umum;
  4. pembinaan dan pengawasan pelaksanaan kegiatan desa;
  5. pengoordinasian pelaksanaan kegiatan  pemerintahan  yang dilakukan oleh perangkat daerah di tingkat kecamatan;
  6. pengoordinasian upaya penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum;
  7. pengoordinasian penerapan dan  penegakan peraturan  daerah  dan peraturan bupati;
  8. pengoordinasian  kegiatan     pemberdayaan     masyarakat     lingkup perekonomian dan pembangunan;
  9. pengoordinasian pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum;
  10. pengoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat;
  11. pelaksanaan dan pembinaan pelayanan umum;
  12. pelaksanaan sebagian urusan  pemerintahan lingkup pelayanan umum yang dilimpahkan Bupati; dan
  13.  pelaksanaan tugas lain  yang diberikan  oleh Bupati  sesuai  dengan tugas dan fungsinya

(1)  Susunan Organisasi Kecamatan Depok terdiri dari:

  1. Camat;
  2. Sekretariat terdiri dari:
  3. -Subbagian Umum dan Kepegawaian; dan
  4. -Subbagian Keuangan, Perencanaan dan Evaluasi.
  5. Seksi Pemerintahan;
  6. Seksi Ketenteraman dan Ketertiban;
  7. Seksi Perekonomian dan Pembangunan;
  8. Seksi Kesejahteraan Masyarakat;
  9. Seksi Pelayanan Umum; dan
  10. Kelompok Jabatan Fungsional.

(2) Sekretariat dipimpin oleh sekretaris yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat.

(3) Seksi dipimpin oleh kepala seksi yang berada  di  bawah dan bertanggung jawab kepada Camat melalui Sekretaris.

(4) Subbagian  dipimpin  oleh  kepala  subbagian  yang  berada  di   bawah  dan bertanggung jawab kepada Sekretaris.

(5) Kelompok jabatan  fungsional dalam melaksanakan  tugas dikoordinasikan oleh     tenaga   fungsional  yang  ditunjuk   dan   berada   di    bawah  serta bertanggung jawab kepada Camat melalui Sekretaris.

Adapun uraian tugas dan fungsi masing-masing satuan organisasi kecamatan adalah sebagai berikut :

  1.  Sekretariat mempunyai tugas  melaksanakan urusan  umum,  urusan kepegawaian, urusan   keuangan,  urusan   perencanaan  dan  evaluasi, dan mengoordinasikan pelaksanaan tugas satuan organisasi.

Sekretariat dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi:

  1. penyusunan rencana kerja Sekretariat dan Kecamatan; b. perumusan kebijakan teknis kesekretariatan;
  2. pelaksanaan urusan umum;
  3. pelaksanaan urusan kepegawaian;
  4. pelaksanaan urusan keuangan;
  5. pelaksanaan urusan perencanaan dan evaluasi;
  6. pengoordinasian pelaksanaan tugas satuan organisasi lingkup Kecamatan; dan
  7. evaluasi dan penyusunan laporan  pelaksanaan  kerja  Sekretariat  dan Kecamatan.

 

1.a. Subbagian  Umum dan  Kepegawaian mempunyai  tugas  menyiapkan  bahan pelaksanaan urusan umum dan urusan kepegawaian.

Subbagian Umum dan Kepegawaian dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi:

  1. penyusunan rencana kerja Subbagian Umum dan Kepegawaian;
  2. perumusan kebijakan teknis pelaksanaan urusan umum dan  urusan kepegawaian;
  3. pengelolaan persuratan dan kearsipan;
  4. pengelolaan perlengkapan, keamanan, dan kebersihan;
  5. pengelolaan dokumentasi dan informasi;
  6. penyusunan  perencanaan   kebutuhan,   pengembangan  dan   pembinaan pegawai;
  7. pelayanan administrasi pegawai dan pengelolaan tata usaha  kepegawaian; dan;
  8. evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan kerja Subbagian Umum dan Kepegawaian.

 

1.b. Subbagian   Keuangan,   Perencanaan   dan    Evaluasi   mempunyai   tugas menyiapkan bahan pelaksanaan urusan keuangan, urusan perencanaan dan evaluasi.

Subbagian Keuangan, Perencanaan, dan Evaluasi dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi:

  1. penyusunan rencana   kerja   Subbagian  Keuangan,  Perencanaan  dan Evaluasi;
  2. perumusan kebijakan teknis  pelaksanaan  urusan  keuangan,  urusan perencanaan dan evaluasi;
  3. pengoordinasian penyusunan rencana kerja Sekretariat dan rencana kerja Kecamatan;
  4. pelaksanaan perbendaharaan, pembukuan, dan pelaporan keuangan;
  5. pengoordinasian evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kerja Sekretariat dan pelaksanaan kerja Kecamatan; dan
  6. evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan kerja Subbagian Keuangan, Perencanaan dan Evaluasi.

 

2. Seksi Pemerintahan mempunyai tugas  melaksanakan urusan  pemerintahan umum,  membina  dan  mengawasi  pelaksanaan   kegiatan  desa, mengoordinasikan pelaksanaan  kegiatan pemerintahan, serta  melaksanakan sebagian  urusan   pemerintahan   lingkup  pemerintahan   yang  dilimpahkan Bupati.

Seksi Pemerintahan dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi:

  1. penyusunan rencana kerja Seksi Pemerintahan;
  2. perumusan kebijakan teknis  pelaksanaan  urusan  pemerintahan  umum, dan pembinaan dan pengawasan kegiatan desa;
  3. pelaksanaan urusan pemerintahan umum;
  4. pembinaan dan pengawasan pelaksanaan kegiatan desa;
  5. pengoordinasian pelaksanaan  kegiatan pemerintahan  yang dilakukan  oleh perangkat daerah di tingkat kecamatan;
  6. pelaksanaan sebagian urusan  pemerintahan  lingkup pemerintahan  yang dilimpahkan Bupati; dan
  7. evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan kerja Seksi Pemerintahan.

 

3. Seksi  Ketenteraman  dan   Ketertiban  mempunyai  tugas   mengoordinasikan upaya   penyelenggaraan  ketenteraman   dan   ketertiban   umum, mengoordinasikan penerapan dan penegakan peraturan daerah dan peraturan bupati  dan  melaksanakan  sebagian  urusan  pemerintahan  lingkup ketenteraman dan ketertiban yang dilimpahkan Bupati.

Seksi Ketentraman dan Ketertiban dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi:

  1. penyusunan rencana kerja Seksi Ketenteraman dan Ketertiban;
  2. perumusan kebijakan teknis pengoordinasian upaya penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum serta pengoordinasian penerapan dan penegakan peraturan daerah dan peraturan bupati;
  3. pengoordinasian  upaya   penyelenggaraan  ketenteraman   dan   ketertiban umum;
  4. pengoordinasian penerapan   dan   penegakan   peraturan   daerah   dan peraturan bupati;
  5. pelaksanaan  sebagian urusan  pemerintahan lingkup ketenteraman dan ketertiban yang dilimpahkan Bupati; dan
  6. evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan  kerja Seksi Ketenteraman dan Ketertiban.

 

4. Seksi Perekonomian dan Pembangunan mempunyai tugas  mengoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat lingkup perekonomian dan pembangunan, mengoordinasikan pemeliharaan prasarana  dan sarana pelayanan umum dan melaksanakan  sebagian  urusan   pemerintahan  lingkup  perekonomian dan pembangunan yang dilimpahkan Bupati.

Seksi Perekonomian dan Pembangunan dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi:

  1. penyusunan rencana kerja Seksi Perekonomian dan Pembangunan;
  2. perumusan kebijakan teknis  pengoordinasian pemberdayaan masyarakat lingkup                     perekonomian    dan     pembangunan     serta     pengoordinasian pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum;
  3. pengoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat lingkup perekonomian dan pembangunan;
  4. pengoordinasian pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum;
  5. pelaksanaan  sebagian urusan  pemerintahan lingkup perekonomian dan pembangunan yang dilimpahkan Bupati; dan
  6. evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan  kerja Seksi Perekonomian dan Pembangunan.

 

5. Seksi  Kesejahteraan  Masyarakat  mempunyai  tugas  melaksanakan pengoordinasian  kegiatan  pemberdayaan  masyarakat  lingkup kesejahteraan masyarakat dan melaksanakan sebagian urusan pemerintahan lingkup kesejahteraan masyarakat yang dilimpahkan Bupati.

Seksi Kesejahteraan Masyarakat dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi:

  1. penyusunan rencana kerja Seksi Kesejahteraan Masyarakat;
  2. perumusan  kebijakan    teknis     pemberdayaan    masyarakat     lingkup kesejahteraan masyarakat;
  3. pengoordinasian      kegiatan      pemberdayaan      masyarakat       lingkup kesejahteraan masyarakat;
  4. pelaksanaan  sebagian   urusan    pemerintahan   lingkup   kesejahteraan masyarakat yang dilimpahkan Bupati; dan
  5. evaluasi dan penyusunan  laporan pelaksanaan  kerja Seksi Kesejahteraan Masyarakat.

 

6. Seksi Pelayanan Umum mempunyai tugas  melaksanakan pelayanan umum dan melaksanakan sebagian urusan pemerintahan yang dilimpahkan Bupati.

Seksi Pelayanan Umum dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi:

  1. penyusunan rencana kerja Seksi Pelayanan Umum;
  2. perumusan  kebijakan  teknis   pelaksanaan   dan   pembinaan  pelayanan umum;
  3. pelaksanaan dan pembinaan pelayanan umum;
  4. pelaksanaan sebagian urusan pemerintahan lingkup pelayanan umum yang dilimpahkan Bupati; dan
  5. evaluasi  dan  penyusunan   laporan  pelaksanaan   kerja  Seksi  Pelayanan.

 

7. Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas  melaksanakan  sebagian tugas Kecamatan sesuai dengan keahlian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*