Guna mengurangi tingkat kemiskinan di Kabupaten Sleman, maka dibentuklah TKPKD (Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah) Kabupaten Sleman. Selanjutnya, di masing - masing kecamatan hingga padukuhan juga dibentuk Tim Penanggulangan Kemiskinan (TKP). Dalam rangka mengapresiasi kinerja TPK di tingkat kecamatan hingga padukuhan, maka TKPKD Kabupaten Sleman memberikan penilaian dan penghargaan (award) terhadap kinerja TPK yang berhasil menanggulangi kemiskinan. Dilansir dari situs resmi Pemerintah Kabupaten Sleman, Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah yang terdiri dari Kepala BKBPMPP, Kepala Bappeda, Perwakilan Akademisi (Saptopo, dosen UPN) dan perwakilan LSM (Sukanto, Yayasan Griya Mandiri) melakukan penilaian meliputi administrasi (30%), kelembagaan (30%) serta implementasi/action (40%). Penilaian sendiri telah dilaksanakan Desember 2012 silam. Berikut hasil yang diperoleh TPK  Kecamatan Depok : Tingkat Kecamatan : Juara I = Kecamatan Depok Tingkat Desa : Juara III = Desa Condongcatur Tingkat Padukuhan : Juara II = Padukuhan Gempol, Condongcatur Dengan diperolehnya award tersebut, semoga tingkat kemiskinan di wilayah Kecamatan Depok semakin menurun. Nantinya penyampaian penghargaan akan diserahakan pada saat upacara 17an bulan Januari di Lapangan Pemda Sleman. (and)

PKK Kecamatan Depok Menyabet Juara II dalam Lomba Cipta Menu

Dalam rangka menciptakan varian menu yang Beragam Bergizi Seimbang dan Aman ( B2SA), Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Sleman menyelenggarakan Lomba Cipta Menu (LCM) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Rabu (29/5) lalu.  Tujuan diselenggarakan lomba ini adalah Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Selain itu, dengan kompetisi ini diharapakan mampu mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dan ibu rumah tangga dalam memilih, menentukan, menyusun dan menciptakan menu B2SA berbasis sumber daya lokal dengan pangan sumber karbohidrat selain beras dan terigu.  Denang keanekaragaman menu, tentunya tubuh mendapatkan nutrisi yang bervariasi juga.

Selama ini pekarangan belum termanfaatkan untuk tanaman pangan. Nah untuk membangun budaya keluarga dan masyarakat agar mengkonsumsi aneka menu makanan khas daerah sesuai prinsip B2SA antara lain melalui pemanfaatan hasil pekarangan.  Sehingga dapat mengangkat citra makanan khas daerah agar dapat digemari dan mampu bersaing dengan makanan moderen. Ada[im tema LCM B2SA kali tahun 2013  Kabupaten Sleman yaitu “ Panganku Beragam Bergizi Seimbang dan Aman berbasis makanan Khas Daerah “

Keberagaman menu yang bervariasi dan lain dari pada yang lain diapresiasi oleh Kabupaten, dalam hal ini TP PKK Kabupaten dan Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan. Diharapkan hasil kreativitas ibu – ibu dalam mengolah makanan bisa disebarluaskan ke ibu – ibu yang lain dan bisa jadi pelopor untuk menggerakan dan memberdayakan masyarakat di sekitar rumahnya masing – masing.

Diikuti oleh 17 Tim Penggerak Kecamatan se-Sleman termasuk Tim Penggerak PKK Kecamatan Depok. Tim Juri Berasal dari TP PKK Kabupaten SlemanDalam lomba kali ini, kafilah Kecamatan Depok diwakili oleh ibu – ibu dari Padukuhan Dabag, Condongcatur. Tak sia – siap, pengorbanan penggerak PKK ini berhasil menjadi Juara II dengan nilai total 2970 dan berada pada  1 peringkat di bawah TP PKK Kecamatan Prambanan yang menempati posisi Jawara dengan perolehan nilai total 3005. Nantinya juara I berhak mewakili Kabupaten Sleman di Tingkat Provinsi pada 2014 mendatang, sedangkan Juara II menjadi cadangan (/and).

Sumber : slemankab.go.id , TP PKK Kecamatan Depok.

Tags: ,
Di publikasikan pada No Comments

Tanggapan atau Komentar anda?

*

Copyright Pemerintah Kecamatan Depok Kabupaten Sleman © 2014 All Rights Reserved
Isi situs bersifat informatif bukan merupakan legal opinion dari Kecamatan Depok.
Apabila terdapat data elektronik based yang berbeda dengan data resmi paper, maka yang menjadi acuan adalah data resmi paper based.
Total Reads:64053|Total Visitor:37440|User Online:0