Pameran Potensi Daerah tampilkan kesenian lokal, Kecamatan tampilkan Wayang Orang

Pameran Potensi Daerah (PPD) guna memperingati Hari Jadi Kabupaten Sleman Ke-101 kembali digelar oleh Pemkab Sleman. PPD 2017 sudah dibuka Kamis, 18 Mei 2017 oleh Bupati Sleman sekitar pukul 15.00 di Kompleks Lapangan Denggung Tridadi, Sleman. Sebelum dibuka secara resmi, ada pawai UMKM yang diikuti oleh kelompok UMKM. Kecamatan Depok yang diwakili oleh kelompok Sentra Gudeg Sleman di seputaran Seputaran Selokan Mataram. Pawai pun dilombakan dan Alhamdulillah mendapat apresiasi dengan menyabet juara 1.s

Dalam PPD 2017 ini ada panggung kesenian yang diisi dari perwakilan 17 Kecamatan. Kecamatan Depok menampilkan kesenian wayang wong, yakni Pethilan wayang orang lakon Semar Tambal. Kecamatan Depok ikut serta dalam Gelar Budaya yang diselenggarakan Panitia dan mendapat nomor undian 1 pada Kamis, 18 Mei 2017 sekitar pukul 19.00-20.00.

Pemain dari Sanggar Ngrancang Kencana Nologaten, Caturtunggal sebanyak 30 yang terdiri dari pemeran dan pengrawit gamelan. Dalam pentas wayang tersebut, Kasi Kesmasy Tri Joko Saptono ikut ambil bagian dengan memerankan tokoh Semar. Tak ketinggalan Faisal Nur Singgih, pembawa acara Pawartos Ngayogyakarta juga beradu peran dalam apresiasi kesenian tersebut.

Kegiatan ini bukan perlombaan dan tidak diambil kejuaraan karena merupakan apresiasi Pemkab Sleman untuk menampilkan kesenian tradisi. Hal ini merupakan wujud pelestarian nilai-nilai budaya dan tradisi yang sudah ada sejak dulu kala. Setiap kecamatan menampilkan kesenian yang berbeda-beda. Setiap harinya ada 2 Kecamatan yang menampilkan keseniannya, sedangkan untuk malam Minggu diisi oleh 3 kecamatan.

Rencananya PPD akan diselenggarakan sampai dengan Kamis, 25  Mei 2017. Selain pentas kesenian, ada puluhan stand dari setiap SKPD dan OPD guna menyemarakkan PPD. Setiap stand menampilkan potensi dan unggulannya masing-masing seperti produk kuliner, UMKM, promosi sekolah dan didukung oleh pihak swasta dan BUMD.

Please follow and like us:

admin

Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*