Jelang lebaran, Puskesmas dan Tim Pantau Keamanan Makanan di Sejumlah Toko dan Pasar Tradisional

Jelang Hari Raya Idul Fitri, kebutuhan akan barang pokok seperti makanan biasanya meningkat dari sisi konsumsi. Tingkat konsumsi yang tinggi tersebut tentunya menjadi peluang pelaku usaha di bidang makanan. Mereka berlomba-lomba menyajikan beragam kebutuhan makanan untuk mencukupi kebutuhan masyarakat. Untuk itulah diperlukan pengawasan terhadap makanan yang beredar di pasaran.

Puskesmas Depok 1, 2 dan 3 bersama mitra kerja seperti Kecamatan Depok, 3 Polsek, dan Koramil pada  Senin-Rabu, 12-14 Juni 2017 menggelar pemantauan makanan kadaluarsa di sejumlah toko, minimarket dan pasar-pasar tradisional di wilayah Kecamatan Depok. Pemantauan makanan tersebut dilaksanakan untuk mengantisipasi makanan kadaluarsa yang masih diperjualbelikan para pelaku pasar. Sehingga masyarakat sebagai konsumen tidak dirugikan ketika mengkonsumsi makanan untuk keperluan hari raya. Meskipun demikian, masyarakat juga diharapkan lebih teliti ketika sebelum membeli makanan, terutama mengecek tanggal kadaluarsa, label halal, kemasan, izin usahanya, sudah terdaftar dalam P-IRT atau belum.

Di hari pertama pemantauan pada hari Senin (12/6) lokasi yang dipantau di wilayah Desa Caturtunggal, hari kedua yakni Selasa (13/6) di wilayah Condongcatur, sedangkan Desa Maguwoharjo di hari terakhir pemantauan.

“Di hari pertama dan kedua pemantauan, ditemukan makanan kadaluarsa, kemasan rusak, dan makanan tidak berlabel”, ujar Tri Joko Saptono, Kasi Kesmasy Kecamatan Depok yang turut dalam kegiatan pemantauan makanan tersebut. “Sasarannya toko dan pasar tradisional”, tambahnya.

Terhadap hasil temuan makanan kadaluarsa tersebut, pihak tim pemantau memberikan rekomendasi dan memberikan pembinaan kepada penjual dan pemilik toko untuk tidak menjualnya. Barang-barang yang sudah terpampang untuk segera ditarik agar masyarakat tidak dirugikan.

Please follow and like us:

admin

Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

One thought on “Jelang lebaran, Puskesmas dan Tim Pantau Keamanan Makanan di Sejumlah Toko dan Pasar Tradisional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*