Gerakan Operasi Anti Vandalisme, Ratusan Pelajar dan Relawan Bersihkan Vandalisme

Ratusan pelajar di wilayah Desa Maguwoharjo bersama relawan Kosapa Condongcatur, Relawan Redam Maguwoharjo, Pemerintah Desa Maguwoharjo, Dukuh Tajem dan masyarakat Padukuhan Tajem, Pemerintah Kecamatan, Linmas Desa Maguwoharjo, Polsek Depok Raya dan Koramil membersihkan tembok-tembok ulah vandalisme. Pelajar tersebut dari SMK N 1 Depok, SMK YPKK 3 Sleman, MAN 2 Sleman dan SMK Diponegoro. Adapun tembok yang dibersihkan yaitu Makam Tajem dan Jembatan yang ada di sebelah barat Makam Tajem. Kegiatan yang diinisiasi oleh Seksi Tramtib Kecamatan Depok tersebut merupakan realisasi program Gerakan Operasi Anti Vandalisme pada Selasa, 18 April 2017.

Vandalisme di wilayah Kecamatan Depok cukup memprihatinkan. Dimana ada tembok atau jembatan, tak luput dari tangan-tangan jahil vandalisme.

Titik kumpul pelaksanaan kegiatan di MAN 2 Sleman (MAN Maguwoharjo) dengan diawali apel. Apel dipimpin langsung oleh Kasi Tramtib Kecamatan Depok, Ag. Aris Widiyantara dengan Pembina Apel Camat Depok. Ratusan pelajar dilibatkan karena selama ini pelaku vandalisme rata-rata dari kalangan oknum pelajar.

“Vandalisme lingkup kecil misalnya mencoret-coret meja yang ada di kelas”, ujar Camat Depok ketika memberikan pengarahan saat upacara apel. Mulai dari yang kecil tersebut, jika kebiasaan mencoret-coret bukan pada tempatnya, akan meningkat dengan mencari media lain seperti tembok di pinggir jalan termasuk makam dan jembatan, gedung, traffic light, dll. Karena dua objek tersebut sering menjadi sasaran aksi vandalisme. Dalam pengarahan tersebut disampaikan tujuan dan maksud dari kegiatan ini, yaitu sosialisasi kepada para pelajar agar tidak melakukan vandalisme dan berpartisipasi aktif untuk menangkal vandalisme.

Setelah apel, dilakukan pembagian kelompok dan tugas untuk membersihkan lokasi ulah vandalisme, baik di Makam Tajem atau jembatan. Para peserta membersihkan dulu coretan-coretan yang ada kemudian dilakukan pengecatan untuk menghilangkan bekas vandalisme. Sehingga nampak bersih dan elok dipandang mata. Harapannya para pelajar ini bisa menjadi teladan dan agen untuk mencegah vandalisme dan bisa ditularkan ke pelajar lainnya.

Please follow and like us:

admin

Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*