Desa Caturtunggal

Profil Desa Caturtunggal
Nama Kades : Letak koordinat GPS Kantor Kelurahan Caturtunggal : 7º46’48” LS, dan 110º23’45” BT

KEADAAN UMUM
Desa Caturtunggal merupakan kawasan yang senantiasa mengalami perkembangan dan perubahan yang dinamis, baik dari aspek pemerintahan, perekonomian, kependudukan maupun sosial kemasyarakatan. Secara geografis aspek itu akan berpengaruh terhadap pola kehidupan masyarakat. Di samping pengaruh yang bersifat positf, juga membawa implikasi kehidupan. Sehingga Desa Caturtunggal menjadi daerah yang sangat kompleks dengan berbagai aktivitas.Kawasan wilayah Desa Caturtunggal adalah kawasan trans-sosial antara wilayah perkotaan dengan pedesaan, dengan perkembangan komunitas pendatang, pedagang, pengusaha, maupun pencari kerja yang akseleratif sehingga terjadi peningkatan kebutuhan hidup. Di samping karakteristik sosial komunitas mahasiswa dari berbagai daerah yang beragam.
BATAS WILAYAH
–          Sebelah Utara : Desa Condongcatur Kecamatan Depok Sleman
–          Sebelah Timur : Desa Maguwoharjo Kecamatan Depok Sleman
–          Sebelah Selatan : Kecamatan Banguntapan Kabupaten BantulKecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta
–          Sebelah Barat : Desa Sinduadi Kecamatan Mlati SlemanKota Yogyakarta
LUAS WILAYAH
Sesuai dengan peta desa, luas wilayah Desa Caturtunggal adalah 889,7480 Ha dengan rincian penggunaannya sebagai berikut :
  1. Persawahan
: 30,5142 ha
  1. Tegal
: 137,3503 ha
  1. Pekarangan
: 678,4077 ha
  1. Lain-lain
: 43,4758 ha
KONDISI GEOGRAFIS
  1. Ketinggian tempat
: 150 mdpl
  1. Banyaknya curah hujan rata-rata
: 2704 mm
  1. Suhu udara rata-rata
: 260-320 celcius
ORBITRASE
  1. Jarak dari Ibukota Kecamatan
: 2 Km
  1. Jarak dari Ibukota Kabupaten
: 10 Km
  1. Jarak dari Ibukota Provinsi
: 5,5 Km
  1. Jarak dari Ibukota Negara
: 630 km
PADUKUHAN : 20 Padukuhan
RW : 93 RW
RT : 297 RT
Alamat :  Jalan Kasuari No:2 Demangan Baru, Caturtunggal, Depok, Sleman Yogyakarta , 55281
Telepon :  (0274) 514826
Pos-el : @
Laman :  http://
Luas Wilayah :  889,7480 Ha
Kepala Desa :  Agus Santosa, S.Psi.
Padukuhan   20  Nama Dukuh
1.  Manggung :  Mujimin
2.  Karangwuni :  Sarwiyono
3.  Kocoran :  Heru Mustafa
4.  Blimbingsari :  Handoko Wardhoyo
5.  Sagan :  Sih Sugiarti
6.  Samirono :  M. Dimyati
7.  Karangmalang :  Sudarman
8.  Karanggayam :  Priyanto
9.  Mrican :  Sumarji
10.  Santren :  Suripto
11.  Papringan :  Nurhamid, S.Ag
12.  Ambarukmo :  H.M. Samsudin, SH.,SIP
13.  Gowok :  Pudjo Wiratno
14.  Nologaten :  Sulistyo Eko Narmono
15.  Tempel :  Masijan
16.  Janti :  Heri Sugiyarto
17.  Ngentak :  Rubimin
18.  Tambakbayan :  Widodo DM
19.  Kledokan : Supriyono
20.  Seturan :              Mada Ferdian Sumedi

62 Comments

  1. saya dulu kuliah di uii jogja dan punya ktp sleman…kemudian setelah selesai kuliah saya kembali ke daerah asal aceh…tapi saya belum mengurus surat pindah dari jogja ke aceh..apakah saya masih bisa mengajukan surat pindah dari sleman ke aceh?….mohon informasi nya
    terima kasih

      1. bagai mana saya bisa mendapatkan formulir permohonan pindah antar Provinsi…? jika memungkinkan via email atau on line bisa saya isikan form tersebut dari aceh kemudian saya kirim
        kembali berkas nya ke jogja…

        mohon penjelasan terima kasih

          1. terimakasih atas balasanya

            nama: alfata ramadhan
            jenis kelamin : LAKI LAKI
            tempat dan tanggal lahir : takengon 9 desember 1969
            alamat : jl. kali urang km 5,6 no4 jogja karta
            Nik : ….lupa
            No KK : lupa
            itu data yang masih saya ingat…untuk yg lupa mohon di info kan ke saya agar saya bisa mengisi form surat pindah..
            berarti saya harus datang ke jogja ya mas mulai dari rt, rw, dan kelurahan

          2. kk nya sudah hilang karena sudah lama sekali mas…
            bisa di bantu dengan arsip data yg ada di situ?

          3. Dalam pencetakan KK, terdapat tembusan 3 lembar, Dua di antaranya disampaikan ke Pemerintah Desa dan Dukuh. Lembar asli dibawa yang bersangkutan. Data NIK bisa juga dilihat di Kartu Tanda Penduduk saudara.

  2. mas,mau konfirmasi, apa benar di desa catur tunggal ada perumahan “jogja regency”. atas jawaban kami sampaikan terima kasih

      1. apa betul di perum jogja regency ada orang bernama rahardian sello katanya bekerja di rumah sakit ( maaf saya banyak butuh info , krn hanya kenal lewat facebook)

  3. saya ingin membuat surat keterangan Domisili untuk perusahaan saya, syaratnya apa saja ya?? kebetulan kami perusahaan berkedudukan pusat di Jakarta. terimakasih

    1. Surat keterangan domisili usaha untuk usaha yang ada di wilayah Kecamatan Depok. Prosesnya melalui pengantar RT, RW, Dukuh dan Desa. Surat Keterangan domisili Usaha yang menerbitkan adalah Desa/kelurahan. Kecamatan hanya mengetahui.

  4. Selamat siang Bpk/Ibu semua…
    Saya ingin bertanya apakah desa caturtunggal menerima dana desa dan membuat apbdes??
    Terimakasih sebelumnya.

    1. Sesuai siklus tahunan Desa, setiap Desa melakukan penyusunan APBDes dan sejak implementasi UU tentang Desa, semua desa di Kecamatan Depok termasuk Desa Caturtunggal dan Condongcatur menerima Dana Desa. Demikian dan terimakasih.

  5. Sebagai warga yang telah tinggal di Komplek Colombo sejak 1975 bahkan para sesepuh warga yang sudah usia lanjutpun sering menanyakan kepada saya tentang keseriusan pemda ( Kabupaten/Kecamatan bahkan Kalurahan Caturtunggal ) memberi perhatian dalam pembangunan al. pengaspalan jalan, Selama lebih dari 25 tahun komplek perumahan ini samasekali jauh dari haru-biru pembangunan meski Kantor Kalurahan Caturtunggal tidak lebih dari 50 meter dari perumahan. Ada apa dengan ini semua ?

    1. Terimakasih sudah memanfaatkan media ini untuk menyampaikan aspirasi Saudara. Guna tindaklanjut dengan berkoordinasi kepada instansi terkait, mohon informasi letak jalan/nama jalan, mengingat jalan ada kewenangannya sendiri seperti jalan lingkungan, jalan desa, jalan kabupaten, jalan provinsi dan jalan nasional. Untuk jalan lingkungan/permukiman menjadi kewenangan masyarakat setempat. Untuk pembangunannya, bisa diusulkan ketika Musyawarah Perencanaan Pembangunan tingkat Padukuhan (Musrenbangduk). Jika tidak tercover dananya, bisa diusulkan di Musrenbang Desa.

  6. Saya warga padukuhan gowok yang saat ini bekerja di Bali. Saya akan mengurus Surat N1 – N 4 di kelurahan caturtunggal utk keperluan menikah di Jepang. Apa saja dokumen yg harus sy siapkan bagi pihak saya perempuan dan pihak calon suami saya (warga negara jepang). Supaya sy tidak bolak balik dtng krn sy harus translate terlebih dahulu dokumen calon suami saya ke bhs indo. Utk informasi, surat2 tersebut akan kami gunakan utk menikah di kedutaan indonesia yg ada di jepang dan mencatatkan ke capil dan imigrasi terlebih dahulu utk mendapatkan surat nikah dan ijin tinggal dsna. Kemudian akan sy catatkan ke capil sleman. Dan 1 lg, bgmn cara mendapatkan surat keterangan blm menikah?

      1. yang saya maksud dsni,.sy membutuhkan.surat N1 -.N4 Utk pemberkatan.di jepang, mendapatkan.surat nikah dari.jepang mencatatkan di kantor capil jepang, baru kemudian mencatatkan ke capil.di sleman. Pihak kedutaan indonesia yang,ada di tokyo membutuhkan surat surar N 1 – N 4 dari kelurahan saya. Jadi apa saja yg harus siapkan utk mendapatkan surat tersebut.

        1. Persyaratan N1-N4 kurang lebih adalah seperti berikut ;
          Pengantar Dukuh
          Fotokopi KK dan KTP orang tua/wali
          Fotokopi buku nikah orang tua/wali
          Fotokopi KTP calon pengantin
          Fotokopi Akte kelahiran/ijazah
          Pas Foto ukuran 2×3 dan 3×4
          Persyaratan lebih uptodate dan detail tentang N1-N4 adalah kewenangan Pemerintah Desa, silakan mengajukan permohonan ke permohonan ke Pemerintah Desa. Demikian dan terimakasih.
          untuk lebih detail tentang nikah beda kewarganegaraan bisa memohon informasi ke bagian perkawinan Dinas Dukcapil Kabuapten Sleman.
          Sebagai gambaran bisa melihat http://kuadepoksleman.blogspot.co.id/2016/07/alur-pencatatan-nikah-di-kua.html

    1. mohon maaf untuk lebih tepatnya agar menanyakan ke RT setempat. Demikian dan terima kasih.

  7. assalamuallaikum… maaf menganggu aktifitasnya, saya ingin bertanya perihal tanah warisan. Apabila dari saudara” tidak mau datang kekecamatan utk membagi hartawarisan, bahkan tidak mau menandatangani surat utk pembagian lahan tanah warisan. lantas yang saya pertanyakan bagaimana solusi untuk masalah ini.

    1. Jika tidak ada kesepakatan dalam pembagian warisan yang disebabkan ketidakmauan salah satu ahli waris dalam menandatangani surat, silakan mengajukan permohonan pembagian warisan ke Pengadilan Negeri Sleman. Demikian dan terimkasih.

  8. Selamat malam. Saya Inti Raidah salah satu mahasiswi UGM. Saya ingin bertanya, apakah ada sejarah berdirinya padukuhan Karangmalang? Saya sudah bertanya pada beberapa narasumber, tapi semua menjawab tidak tahu. Mohon penjelasannya, jika memang ada sejarah kenapa nama padukuhannya Karangmalang? Mohon maaf sebelumnya, karena ini untuk tugas kuliah saya. Terima kasih.

    1. Terimakasih sudah memanfaatkan media ini untuk menyampaikan permohonan informasi yang Saudara butuhkan. Mohon maaf Kecamatan Depok tidak memiliki dokumen sejarah berdirinya suatu Padukuhan/Kampung. Saudara bisa menanyakan ke Dukuh Karangmalang dan atau tokoh-tokoh di Padukuhan tersebut. Demikian dan terimakasih.

  9. Maaf mau tanya kira kira selesai berapa hari ya jika ngurus surat domisili usaha..? Trimakasih

    1. Surat Keterangan domisili usaha yang menerbitkan adalah Pemerintah Desa, Kecamatan hanya melegalisasi/mengetahui. Mohon maaf, silakan bisa ditanyakan ke pihak Pemerintah Desa. Proses legalisasi/mengetahui pihak Kecamatan, 1 hari kerja. Demikian dan terimakasih.

  10. Selamat malam, saya inggin bertanya, no RT dan RW untuk perumahan batan depan atma jaya kampus 3, di kel. Caturtunggal, kec depok, kab sleman?

    1. Mohon maaf untuk data Nomor RT dan RW bisa ditanyakan langsung ke Pihak RT / RW atau Dukuh setempat. Demikian dan terimakasih.

    1. Silakan berkoordinasi dengan Pihak Pemerintah Desa terlebih dahulu jika tanah yang dimaksud adalah Tanah Kas Desa (TKD). Demikian dan terimakasih.

  11. Permisi admin, saya mau bertanya.. saya warga asal papua, ingin buat skck di jogja..
    dan katanya harus membuat kartu ijin tinggal di jogja, nah itu bgmna cara mengurusnya yah ?
    mohon bantuannya, Terimakasih

  12. Permisi min, mau tanya jika kita pengin mengetahui jumlah penduduk kec depok per pedukuhan bisa cari dimana ya, soalnya kalo kita lihat di web nya dinas kependudukan tidak ada yang per pedukuhan, adanya per kecamatan.

    1. Untuk data kependudukan per Padukuhan, seharusnya ada di Pemerintah Desa. Silakan menanyakan ke pihak Pemerintah Desa, mohon maaf dan terimakasih.

    2. Untuk data jumlah penduduk per Padukuhan seharusnya ada di Pemerintah Desa/Kelurahan, silakan memohon data ke Pihak Pemerintah Desa setempat. Demikian dan terimakasih.

  13. permisi min mau tanya.
    dapatkah saya melihat “atas nama sertifikat tanah” pada alamat tertentu?
    dan caranya bagaimana?
    ini untuk kepentingan sewa menyewa tanah untuk usaha. takutnya pemilik tanah hanya mengaku.
    maturnuwun

    1. Hari Kerja di Kecamatan dan Desa se-Kabupaten Sleman adalah 5 (lima) hari kerja, Senin-Jumat. Demikian dan terima kasih.

    1. Menurut Bidang PK BPBD, Desa Caturtunggal belum termasuk dalam Desa Siaga Bencana. Untuk daftar desa siaga bisa diakses ke Bidang PK BPBD 0274-868405 Pesawat 7186. Untuk Desa Siaga bidang kesehatan, menurut informasi dari Puskesmas Depok III, Desa Caturtunggal sudah masuk dalam Desa Siaga. Demikian dan terima kasih.

  14. Selamat sore.
    Saya mau tanya perihal lamanya pembuatan eKTP selesai sampai kartu eKTP sudah bisa diambil pemilik.
    Suami saya baru saja mendapatkan surat kepindahan ke sleman, lalu mau mengurus untuk pembuatan KTP sleman dan KK sleman. Rekam datanya sudah ada dari Pontianak. Kira-kira berapa lama ya KTP nya selesai dibuat dan bisa diambil?

    1. Permohonan KK 10 hari kerja sejak berkas masuk dinyatakan lengkap, untuk permohonan KTP-el nanti akan diterbitkan Surat Keterangan Perekaman (Suket) sebagai pengganti KTP terlebih dahulu. Lama pembuatan suket 7 hari kerja. Persyaratan KK dan KTPel bisa dilihat di menu Paten- Administrasi Kependudukan. Demikian dan terima kasih.

  15. Sy warga Catur Tunggal Depok Sleman, apkh mendirikan pemondokan seluas 1030 M2 memerlukan sosialisasi? Bgmn prosedur sosialisasi? Uang utk sosialisasi tsb masuk sbg dana apa di desa? Tks

    1. Izin pemondokan menjadi kewenangan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (DPMPPT). Mohon maaf dan terima kasih.

  16. nuwun sewu, kalau membuat surat keterangan domisili perusahaan di kelurahan, bagaimana caranya njih? bisa langsung ke keluarahan?

  17. Selamat siang. Saya mendapat tugas untuk wawancara desa. Bisakah desa caturtunggal dimintai keterangan tanpa surat izin dari kampus? terima kasih

    1. Silakan menghubungi Desa Caturtunggal. Untuk kepentingan studi dan legalitas, alangkah lebih baik jika tetap menyampaikan surat resmi. Demikian dan terima kasih.

  18. mohon maaf admin mau tanya mengenai prosedur membuat surat domisili di desa caturtunggal bagaimana,
    terimakasih

          1. untuk ktp penjamin apakah harus ktp caturtunggal atau bisa yang lain? Terimakasih

          2. KTP/KK yang beralamat di wilayah Kecamatan Depok, diutamakan yang beralamat sama.

  19. Hi admin selamat siang, saya membutuhkan tukang sampah / jasa angkut penjemputan dan pembuangan sampah ubtuk daerah Jalan Wahidhasyin Nologaten Depok Sleman Yogyakarta yang mau dibayar untuk mengangkut sampah dengan benar karena selama ini tukang sampang hanya mau mengangkut seenaknya sampai sampah kami menumpuk. Dibayar lebih untuk mengangkut lebih pun mereka tidak mau, bahkan mereka tidak sudi mengangkut sampah dedaunan yg kalau dipikir bisa diolah dengan mudah oleh siklus alam. Apakah kami sbg penduduk harus membakarnya sedang kami sadar asap akan meninbulkan polusi yg tdk baik untuk kehidupan. Hal seperti ini bisa di adukan kemana ya, jadi saya sbg warga pun serba bingung mau buang sampah kog gak bisa, buang sembarangan kog tidak manusiawi. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*